Menu

Benarkah Kebanyakan Gula Bisa Menyebabkan Anak Tantrum? Ini Faktanya

04 Oktober 2022 18:20 WIB
Benarkah Kebanyakan Gula Bisa Menyebabkan Anak Tantrum? Ini Faktanya

Ilustrasi anak sedang mengalami tantrum. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Ketika anak tantrum, orang tua tentu sering mengalami kesulitan untuk mengatasinya. Tantrum sendiri sebenarnya disebabkan oleh ketidakmampuan anak dalam meluapkan perasaan atau emosi yang sedang dirasakan.

Hal ini membuat Si Kecil menunjukkan gejala menangis kencang, melempar barang, berteriak tidak jelas, hingga berguling di lantai. 

Penyebab Anak Tantrum 

Tahu gak Moms, tantrum adalah bagian dari proses tumbuh kembang anak. Tantrum umum terjadi pada anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun. Namun, tak menutup kemungkinan anak dengan usia lebih tua atau bahkan orang dewasa juga bisa mengalami kondisi ini. 

Apakah Makanan Manis Bisa Menjadi Penyebabnya?

Seringkali terdapat mitos bahwa anak yang tantrum dikarenakan terlalu sering mengonsumsi makanan manis. Sebenarnya, jawabannya adalah bisa jadi iya, bisa juga tidak ya Moms. Anak-anak cenderung menyukai makanan yang memiliki rasa manis. Hal ini membuat Si Kecil seringkali berlebihan dalam mengonsumsinya.

Nah, pada saat itulah makanan manis disebut bisa memengaruhi perilaku anak, bahkan meningkatkan kemungkinan terjadinya tantrum.

Rasa manis pada makanan atau minuman jika dikonsumsi secara berlebihan, zat ini disebut bisa memicu reaksi tubuh yang dikenal dengan istilah sugar rush.

Baca Juga: Dear Ibu-Ibu! Ini Cara Tepat untuk Menghadapi Si Kecil yang Tantrum

Baca Juga: Jangan Emosi, Ternyata Tantrum Memberikan Dampak Positif Bagi Anak Lho

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.