Menu

Hati-Hati, Gula Darah Rendah Juga Bisa Sebabkan Kematian! Ini 5 Tanda yang Harus Kamu Waspadai Beauty

05 Oktober 2022 07:20 WIB
Hati-Hati, Gula Darah Rendah Juga Bisa Sebabkan Kematian! Ini 5 Tanda yang Harus Kamu Waspadai Beauty

Ilustrasi pusing yang merupakan salah satu gejala dari anemia dan darah rendah. (Freepik/benzoix)

HerStory, Bogor —

Beauty, gula darah adalah sumber energi utama tubuh dan mempertahankan tingkat normalnya sangat penting untuk kesehatanmu secara keseluruhan.

Tetapi, siapa pun yang menderita diabetes tahu bahwa gula darah biasanya turun dan ketika di bawah 70 mg/dL kemungkinan kamu akan mulai merasa tak enak badan. 

Meskipun ada cara cepat untuk meningkatkan gula darah, tapi kamu disarankan untuk menemui dokter dan segera mengobati masalahnya. Karena, ketika dibiarkan tak terkendali, gula darah rendah dapat menyebabkan komplikasi serius dan dalam kasus mungkn jarang akan mengakibatkan kematian. 

Menurut, Bonnie Taub-Dix, RDN, pencipta Better Than Dieting dan penulis Read It Before You Eat It, kadar gula darah dapat dipengaruhi oleh banyak hal termasuk diet, kebiasaan tidur, dan rutinitas olahraga. Kadar gula darah juga dapat bergantung pada apakah kamu memiliki kondisi medis tertentu seperti diabetes atau hipoglikemia, tetapi keduanya kondisi dapat dikontrol melalui diet, olahraga dan obat-obatan. 

Kenapa Gula Darah Bisa Tiba-tiba Turun

Taub-Dix menjelaskan, penurunan kadar gula darah secara tiba-tiba dapat terjadi ketika kamu sudah terlalu lama tak makan, terutama setelah kamu berolahraga, Beauty. 

Beberapa orang juga rentan terhadap kadar gula darah rendah atau mungkin rentan terhadap gula darah rendah karena obat yang mungkin mereka pakai. Bagi mereka yang menderita diabetes, terlalu banyak mengonsumsi insulin juga dapat menyebabkan kadar glukosa darah menjadi tidak menentu dan turun secara berbahaya. 

Risiko Kesehatan Turunnya Gula Darah

Menurut Taub-Dix, menurunnya gula darah bisa sangat berbahaya terutama jika kamu mengendarai kendaraan bermotor, mengendarai sepeda, mengoperasikan mesin, bahkan ketika kamu sendirian, Beauty.

“Penurunan kadar gula darah dapat menyebabkan Anda jatuh, terbentur kepala, atau melukai diri sendiri secara serius,” ujarnya.

Taub-Dix lantas menyarankan, jika kamu memiliki kecenderungan mengalami kadar gula darah turun dan kamu merasa pusing, pusing, lemah, lesu dan kurang konsentrasi, maka kamu harus memeriksakan diri ke penyedia layanan kesehatan.

Baca Juga: Begini Lho Cara Jitu Kurangi Kadar Gula Darah, Bisa Cegah Diabetes!

Baca Juga: Waspada! 5 Tanda Kadar Gula Tinggi yang Tak Boleh Dihiraukan, Hati-hati Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.