Sarapan menjadi kebiasaan yang wajib dilakukan setiap pagi. Ada banyak sekali manfaat sarapan yang bisa kita dapatkan, mulai dari bisa menambah energi, meningkatkan konsentrasi, menjaga berat badan, dan lain sebagainya. 

Namun, pernahkah kamu merasa lapar meskipun sudah sarapan? Ada sebagian orang yang porsi makannya banyak saat sarapan, tetapi tak lama kemudian merasa lapar kembali. Akibatnya kamu banyak ngemil sebelum jam makan siang. Hal ini tentunya bisa memicu kenaikan berat badan. Merangkum dari berbagai sumber, Senin (26/10/2020) berikut alasannya.

1. Kurang tidur

Orang yang kurang tidur, sistem metabolisme tubuhnya akan tak stabil sehingga mengganggu penyerapan nutrisi secara maksimal. Selain itu, kadar ghrelin yang berfungsi sebagai perangsang nafsu makan akan naik. Inilah yang menyebabkan kamu mudah merasa lapar meski sudah sarapan. Kurang tidur juga dapat menyebabkan kekebalan tubuh tak dapat bekerja dengan baik. Jadi mulai sekarang, tidurlah yang cukup sekitar 6-8 jam per hari.

2. Mengurangi asupan kalori

Karena ingin mengurangi asupan kalori bukan berarti semua porsi makanan termasuk sarapan dikurangi hingga sangat kecil. Jangan sibuk menghitung kalori tetapi perhatikan porsi wajar dan jenis menu sarapan. Cobalah menambah sedikit porsi makan hingga perut terasa hampir kenyang. Jika perut terlalu lapar di pagi hari akan mendorong kamu makan lebih banyak di siang hari. Kamu masih bisa ngemil buah segar atau kacang-kacangan sebelum makan siang, jika perlu.

3. Tubuhmu sedang lelah

Kerjaan yang menumpuk dan padatnya aktivitas akan membuat tubuh cepat lelah. Keadaan ini bisa memicu hormon lapar meningkat, sementara hormon leptin menurun, yang justru akan membuatmu merasa lapar ketika sedang lelah.

Baca Juga: Sarapan Yogurt saat Perut Kosong, Bolehkah?