Setiap tanggal 29 Oktober di berbagai wilayah dunia memperingati Hari Stroke Sedunia. Tak bisa dipungkiri bahwa stroke menjadi salah satu penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat. 

Melansir laman Medical News Today (29/10/2020) stroke adalah penyebab kematian kelima di Amerika Serikat. Faktanya, hampir 800.000 orang terserang stroke setiap tahun. Itu berarti bahwa sekitar satu orang mengalami stroke setiap 40 detik.

Dikenal sebagai penyakit yang rawan menyerang orang tua, kini penyakit Stroke juga bisa diderita oleh kalangan anak muda. Oleh sebab itu, penting untuk mengenal penyakit stroke baik untuk melakukan tindakan pencegahan ataupun gejala yang mungkin muncul.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa stroke terjadi karena adanya penurunan atau penyumbatan pada suplai darah ke otak atau ketika pembuluh darah di otak pecah.

Penyumbatan tersebut membuat darah dan oksigen jadi tersendat untuk mencapai jaringan otak. Tanpa oksigen, sel dan jaringan otak menjadi rusak dan mulai mati dalam beberapa menit.

Baca Juga: Penelitian: Konsumsi Cokelat Dapat Turunkan Risiko Penyakit Jantung hingga Stroke, Sudah Tahu?