Saat anak mulai banyak bertanya dan selalu penasaran akan banyak hal, berarti rasa keingintahuannya begitu tinggi. Anak sedang berada dalam fase menyerap informasi. Salah satu pertanyaan favorit mereka saat bertanya adalah “Kenapa?” Meskipun tahap “kenapa” ini sangat baik, tetapi pastinya ada saat-saat ketika Moms bingung untuk menjawab pertanyaan yang tak nyaman.

Moms, alih-alih merasa jengkel dan bingung bagaimana harus merespon setiap pertanyaan anak, beberapa hal berikut ini bisa Moms coba terapkan saat anak mulai banyak bertanya. Merangkum dari berbagai sumber, Sabtu (31/10/2020) begini tipsnya.

1. Beri si kecil kesempatan berbicara

Berikanlah anak-anak waktu yang cukup untuk bisa mengeluarkan semua isi pikirannya setiap hari. Lihat langsung ke dalam matanya dan mulailah percakapan dengan Si Kecil agar dia merasa diperhatikan dan dihargai. Hal ini penting dilakukan untuk menunjukkan bahwa berbicara atau bertanya ke orang tuanya adalah satu hal yang baik. Anak biasanya akan banyak berbicara tentang kegiatannya dalam sehari dan bertanya mengenai hal yang membuatnya bingung dan penasaran.

2. Jangan berbohong, jawab dengan fakta

Usahakan untuk memberikan jawaban yang benar jika memang Moms mengetahuinya. Moms,

perlu menjaga percakapan yang dengan si kecil secara jujur. Hal ini dikarenakan anak akan banyak bertanya jika mereka percaya pada orang tersebut. Ketika orangtua “mengarang” sebuah jawaban yang tak masuk akal, suatu sata anak akan tahu bahwa orang tuanya sedang berbohong. Jangan sampai Moms merusak kepercayaan si kecil dengan berbohong. 

Baca Juga: Moms, Anak Takut Belajar Matematika? Begini Tips Mengatasinya Sejak Dini