Musim penghujan mulai menyambangi wilayah Indonesia. Sejak akhir Oktober lalu, sejumlah daerah sudah mengalami hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Kala musim hujan tiba, tak heran membuat banyak orang lebih intens dalam menjaga kesehatannya. Tak terkecuali para ibu yang mulai sibuk menjaga kesehatan si kecil agar terhindar dari penyakit.

Musim hujan ditambah dengan genangan air atau bahkan banjir, membuat bakteri dengan mudah berkembang biak dan menyebar. Belum lagi, dengan pergantian cuaca sepert ini, kerap membuat daya tahan tubuh si kecil menjadi lemah. Hal itulah yang membuat tubuhnya rentan terkena penyakit saat musim hujan.

Merangkum dari berbagai sumber, Senin (2/11/2020), berikut lima jenis penyakit yang rentan menyerang si kecil saat musim hujan.

Flu

Moms, saat musim hujan si kecil rentan banget lho terkena flu. Flu disebabkan adanya infeksi virus influenza tipe A, B, atau C yang menyebar melalui cairan tubuh seperti ingus atau air liur.

Infeksi ini akan menyerang sistem pernapasan dan menyebabkan gejala, seperti demam, batuk, hingga sakit tenggorokan.

Biasanya, anak bisa saja tertular flu akibat adanya interaksi dengan penderita melalui mulut, hidung, atau tangan yang bersentuhan dengan benda yang terkontaminasi.

Baca Juga: 7 Nilai Kehidupan yang Harus Anak Kuasai sejak Dini