Smoothies adalah metode baru makan sayur dan buah yang menyenangkan. Kamu dapat menghancurkan buah dan sayur lalu mencampurnya dengan yoghurt, madu, susu dan bahan lainnya yang kamu suka sesuai selera.

Sekilas, smoothies memang terlihat seperti jus. Namun sebetulnya beda. Jus biasanya akan disaring agar teksturnya lebih halus saat dikonsumsi. Sedangkan smoothies, justru membiarkan tekstur aslinya yang lebih padat dan terasa kasar saat diminum.

Apakah kamu ingin membuat green smoothies? pertama, pilihlah jenis sayuran yang cocok dijadikan sebagai campurannya. Selain enak, sayuran ini juga harus menyehatkan tubuh. Merangkum dari berbagai sumber, Senin (2/11/2020) berikut 5 jenis sayuran untuk smoothies.

1. Bayam

Bayam kaya akan vitamin K, yang penting untuk kesehatan tulang serta menurunkan tekanan dalam darah. Mengonsumsi satu porsi sayur bayam, maka kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin K dalam sehari, yang jumlahnya mencapai 200 persen. 

Cara mengonsumsinya juga mudah. Pertama ambil satu genggam sayur bayam yang sudah dipetik dan dicuci bersih. Kemudian masukkan ke dalam blender dan campurkan dengan air perasan lemon dan sedikit madu.

2. Jamur

Jamur juga enak untuk campuran smoothies. Sayuran ini kaya akan antioksidan dan vitamin D yang baik untuk sistem imun tubuh. Khasiatnya diklaim dapat melindungi jantung dan menurunkan risiko kanker.

Jenis jamur tebal seperti shiitake atau champignon bisa ditambahkan dalam smoothies. Masukkan beserta tangkainya dan tambahkan buah segar seperti apel, nanas atau jeruk.

Baca Juga: Berkebun di Rumah, Berikut Jenis Sayuran yang Mudah ditanam dan Cepat Panen