Saat kamu sudah tidur nyenyak, rasanya kesal jika tiba-tiba terbangun tengah malam. Apalagi jika kamu merasa sulit untuk tidur lagi setelah terbangun. Akhirnya kamu malah begadang semalaman dan bangun kesiangan. 

Kalau sudah begini jadwalmu di pagi hari bisa berantakan. Nah kira-kira apa yang menyebabkan kita terbangun tengah malam? Melansir dari laman klikdokter, Senin (2/11/2020) berikut kemungkinan penyebabnya.

1. Obstructive Sleep Apnea (OSA)

OSA merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan sumbatan jalan napas. Cirinya ketika penderita tertidur napasnya terlihat berat. Ini menyebabkan penderita OSA tak tidur nyenyak dan sering terbangun di malam hari. OSA biasanya ditandai dengan mengorok saat tidur, sakit kepala saat bangun di pagi hari, serta merasa lelah sepanjang hari.

2. Insomnia

Insomnia bukan hanya susah tidur. Tapi juga ditandai dengan mudah terbangun di malam hari, dan sulit untuk mulai tertidur lagi. Jenis insomnia ini dinamakan middle insomnia dan umumnya disebabkan oleh adanya depresi atau gangguan cemas. Untuk mengurangi gejala insomnia, penderitanya disarankan untuk melakukan olahraga rutin setiap hari. Olahraga dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak. Selain itu, relaksasi dan meditasi juga dapat membantu meringankan gejala insomnia.