Merawat rambut sama pentingnya dengan merawat kulit. Terutama bagi wanita yang menjadikan rambut sebagai mahkotanya. Salah satu cara melakukan perawatan rambut adalah dengan melakukan keramas. Keramas biasanya dilakukan dengan cara menggunakan shampoo dan dibasuh dengan air bersih. Cara ini masih sangat umum, ya!

Beauty mau tahu cara lain selain keramas menggunakan shampoo? Pakai saja metode no poo!

Metode no poo apa sih?

Mengutip dari Beautynesia (3/11/2020) no poo atau no shampoo merupakan cara mencuci rambut tanpa menggunakan shampoo. Cara ini sangat cocok untuk kamu yang suka menggunakan bahan-bahan alami. Metode no poo ini dilakukan dengan mengganti shampoo menggunakan bahan alami seperti air dingin, cuka apel, dan baking soda.  tentunya bahan ini sama sekali tak mengandung kimia sehingga lebih ringan digunakan pada kulit kepala dan rambut.

Metode no poo ini menjadi sangat populer akhir-akhir ini karena dapat membuat rambut menjadi lebih lembut dan mengurangi lepek pada rambut. Selain itu rambut akan menjadi lebih sehat dan terbebas dari bahan kimia shampoo.

Jika kamu ingin mendapatkan rambut yang bervolume, lembut, dan berkilau, coba deh metode no poo ini! Dijamin rambut kamu akan menjadi sangat sehat dan enggak mudah lepek.

Hal ini dikarenakan enggak menggunakan bahan kimia. Ternyata bahan kimia yang terkandung dalam shampoo dapat membuat minyak alami di kulit kepala semakin berkurang. Padahal minyak alami inilah yang dapat membuat rambut menjadi lebih lembut. Jika kandungan minyak alami di kulit kepala menghilang, maka kelenjar minyak di kulit kepala akan bekerja terlalu keras sehingga membuat rambut menjadi lepek.

Enggak hanya berfungsi untuk rambut, menggunakan metode no poo juga ikut menjaga lingkungan , lho! Jika kamu enggak lagi menggunakan produk shampoo yang dijual di supermarket, kamu enggak perlu membuang bungkus atau botol plastik sehingga mengurangi sampah plastik di lingkungan.

Baca Juga: Waspada! Sembarangan Menguncir Rambut Dapat Memicu Kerontokan, Begini Penjelasannya!