Setelah olahraga atau melakukan aktivitas fisik berat biasanya kita akan merasa haus bahkan lapar. Untuk menghindari kegiatan olahragamu jadi sia-sia, kamu pastinya akan memilih jenis asupan yang rendah lemak namun mengenyangkan dan menghilangkan dahaga. 

Nah, jenis minuman dan makanan ini sebaiknya tak kamu konsumsi setelah olahraga, karena bisa menggagalkan impianmu untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/11/2020) berikut jenis makanan yang sebaiknya dihindari setelah selesai olahraga.

1. Minuman manis dan bersoda

Selain tinggi kalori, soda dan minuman manis lainnya dapat memperlambat proses metabolisme tubuh yang artinya proses pembakaran lemak pun akan terhambat pula. Selain itu, minuman bersoda juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan kita jika dikonsumsi secara terus-menerus dalam jangka waktu lama. Jika merasa haus setelah berolahraga yang tentunya banyak menguras tenaga, sebaiknya konsumsi air putih, jus buah dan teh tanpa tambahan gula. 

2. Makanan pedas

Makanan pedas apa pun jenisnya dengan cabe, lada, atau saus, akan sulit dicerna. Kamu harus menjauhi pilihan makanan ini usai berolahraga. Makanan pedas bisa menyebabkan masalah pencernaan dan memberi tekanan yang berlebihan pada sistem pencernaan kita.

3. Roti tawar

Tubuh kita membutuhkan banyak glikogen setelah pembakaran energi, sementara roti tawar hanya mengandung karbohidrat dan tak memiliki nutrisi yang diperlukan oleh tubuh setelah berolahraga. Kandungan karbohidrat pada makanan ini juga sangat tinggi sehingga bisa menimbulkan tumpukan lemak berlebih pada tubuh.

Selain itu, kandungan pati pada roti tawar juga dapat diubah menjadi gula dengan sangat cepat dan dapat mengganggu sistem pencernaan. Sebagai penggantinya, kamu dapat mengkonsumsi roti dari biji gandum utuh yang kaya akan serat yang berfungsi sebagai pengganti energi yang hilang saat berolahraga.

Baca Juga: Waspada, Moms! Ini Olahraga yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil!