Menu

Jangan Sembarang! Ini 7 Asupan yang Gak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil, Catat Moms!

24 Oktober 2022 10:40 WIB
Jangan Sembarang! Ini 7 Asupan yang Gak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil, Catat Moms!

Illustrasi Ibu Hamil Akan Melahirkan (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beberapa wanita sangat menunggu fase kehamilan dan akan berusaha sekuat tenaga untuk menjaga janin yang ada di kandungannya agar tetap sehat serta selalu memberikan nutrisi yang baik untuk si kecil.

Sebagai seorang ibu tentunya kita akan memilih makanan yang memiliki dampak positif bagi tumbuh kembang janin kan Moms? Maka dari itu, ibu hamil juga harus memilihi makan-makanan yang sehat ya!

Meski begitu, terdapat beberapa makanan yang pantang dikonsumsi saat hamil dilansir dari sindikasi konten Suara.com, yaitu:

1. Makanan mentah

Umumnya memakan makanan mentah atau kurang matang akan menyebabkan bakteri lebih cepat masuk ke dalam tubuh. Karena dalam bahana makanan mentah memiliki risiko bakteri yang lebih tinggi.

Bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi pada kandungan yang akan meningkatkan risiko bayi lahir prematur ataupun keguguran. 

Oleh karena itu dipastikan untuk ibu hamil selalu memakan masakan yang matang dan bersih. 

2. Ikan yang mengandung bakteri

Ibu hamil tak disarankan untuk mengonsumsi ikan-ikan yang risiko memiliki cemaran tinggi merkuri seperti kerang, mackerel, todak, dan sebagainya. Kandungan merkuri dalam ikan akan menyebabkan kerusakan otak pada janin. Oleh sebab itu tak dianjurkan memakan ikan-ikan diatas. 

Tetapi kita dapat menggantinya dengan bahan lainnya seperti udang, cumi, ikan salmon, dan lainnya lho Moms.

3. Kafein

Bagi ibu hamil yang sebelumnya suka mengonsumsi kafein ada baiknya untuk dikurangi, karena kafein didisebut dapat mempengaruhi tubuh kembang dari janin. 

Baca Juga: Jangan Takut Lagi Moms! Ini Tips Berhubungan Intim saat Hamil Muda, Benarkah Posisi Woman on Top Bisa Jadi Pilihan?

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Selama Kehamilan, Ini 4 Rekomendasi Suplemen untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.