Makanan berserat sangat dibutuhkan baik oleh bayi, anak-anak maupun orang dewasa. Asupan yang mengandung serat, berfungsi untuk mencegah masalah pada sistem pencernaan, obesitas, bahkan penyakit jantung.

Pemberian makanan berserat pada anak tergantung pada usianya. Untuk anak berusia 1-3 tahun, kebutuhan seratnya sekitar 16 gram per hari. Sedangkan anak berusia 4-8 tahun membutuhkan serat lebih banyak, yakni sekitar 22 gram per hari. Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/11/2020) berikut manfaat konsumsi makanan berserat.

1. Oatmeal

Salah satu jenis makanan berserat tinggi yang cocok untuk anak adalah oatmeal. Cobalah untuk sesekali mengganti sereal atau roti ketika sarapan dengan oatmeal gandum utuh.  Makanan sehat dan enak ini umumnya mengandung sekitar 4 gram serat ketika sudah dimasak. Selain sehat, Moms bisa mencampurkan oatmeal dengan buah atau sirup favorit si kecil, seperti strawberry, kayu manis, atau sirup maple. 

2. Roti gandum

Alih-alih menyediakan roti putih, Moms bisa menghidangkan roti gandum di dalam menu sarapan untuk keluarga. Di dalam roti gandum terdapat serat sebanyak 2 gram setiap irisannya. Hampir sama dengan oatmeal, memilih roti gandum sebagai menu sarapan anak bisa membuat mereka semangat karena dapat memilih isian roti sesuai dengan kesukaan mereka. Misalnya, selai kacang dan jelly atau selai cokelat. 

Baca Juga: Ini Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi agar Tak Menderita Hipertensi, Sudah Tahu Belum?