Menjaga kesehatan ibu hamil memang penting agar bayi dapat lahir dengan sehat. Berbagai nutrisi pun harus dipenuhi agar kondisi kesehatan ibu tetap terjaga.

Akan tetapi, enggak hanya kesehatan tubuh saja yang perlu diperhatikan, lho Moms! Kesehatan mental juga harus diperhatikan karena berkaitan dengan kondisi janin. Apalagi ibu yang baru pertama kali hamil biasanya lebih mudah mengalami stres. Belum lagi 

Inilah kenapa dukungan keluarga sangat penting bagi ibu hamil agar kondisi mentalnya tetap dalam keadaan baik. Gangguan mental seperti apa sih yang bisa mengganggu kesehatan janin? 

Mengutip dari the Asian Parent (6/11/2020), ini dia jenis gangguan kesehatan mental yang bisa membahayakan ibu dan janin. Scroll aja ya, Moms!

1. Kecemasan

Gangguan kecemasan umumnya  biasa terjadi di masa kehamilan. Beberapa gangguan kecemasan ini dibagi menjadi 5, yaitu sebagai berikut.

  • Gangguan kecemasan umum
  • Obsessive Compulsive Disorder (OCD)
  • Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)
  • Agoraphobia (takut tempat)
  • Gangguan panik

Gangguan kecemasan dapat ditandai dengan kesulitan tidur, merasa gelisah,pusing hingga sesak nafas. Kondisi ini bisa saja terjadi karena masalah pekerjaan, genetik, maupun hubungan pribadi. Tak hanya itu, gangguan kecemasan juga bisa diakibatkan karena khawatir berlebihan terhadap kesehatan diri sendiri, kesehatan janin, dan tekanan sosial.

2. Depresi

Depresi juga menjadi salah satu gangguan kesehatan mental yang juga sering dialami oleh ibu hamil. Depresi akan menjadi meningkat saat usia kehamilan delapan bulan. 

Moms akan lebih mudah merasa sedih, cemas, marah, sulit tidur atau terlalu banyak tidur. Tak hanya itu, jika tingkat depresi semakin parah bisa membuat ibu hamil memiliki niat untuk bunuh diri dan menyakiti diri sendiri. Duh, bahaya banget, ya, Moms! Jika Moms sudah merasakan gejala depresi, segera konsultasikan ke dokter untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.

3. Gangguan makan

Jika Moms memiliki riwayat gangguan makan di masa remaja, besar kemungkinan saat sedang hamil gangguan ini akan terjadi. Gangguan makan ini akan membuat ibu hamil tak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga lebih berisiko mengalami keguguran.

Baca Juga: Sempat Dirawat di Rumah Sakit, Christina Perri Harus Kehilangan Putri Kecilnya