Menjadi seorang vegetarian tentunya mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Asupan lemak berkurang drastis, kontrol terhadap kolesterol juga lebih mudah serta badan terasa lebih bugar karena rutin mengkonsumsi sayuran.

Namun, gaya hidup ini juga memiliki tantangan tersendiri. Kamu harus mencoret segala jenis makanan yang berasal dari produk hewani. Tak perlu khawatir, hidangan ala vegetarian tak selalu minim gizi. 

Varian menu sarapan berikut ini bisa memenuhi kebutuhan gizi harianmu walau tak mengkonsumsi sumber makanan nabati sedikitpun. Merangkum dari berbagai sumber, Minggu (8/11/2020) berikut menu sarapan untuk vegetarian.

1. Salad Buah

Kamu yang gemar menyantap makanan manis saat sarapan, kamu menyajikan salad buah. Caranya sangat praktis. Masukkan potongan buah-buahan favoritmu dan sedikit quinoa ke dalam mangkuk, lalu aduk hingga semuanya tercampur rata. Tambahkan juga kacang-kacangan dan susu kedelai untuk menambah banyak protein dan memperkaya cita rasa. Perpaduan makanan sehat ini mampu memberikan 18 gram protein untuk mengawali aktivitas di pagi hari.

2. Smoothies

Kamu dapat mengkreasikan coklat, kacang almond, buah-buahan, susu kedelai, dan chia seed. Buat tampilannya menarik agar menggugah nafsu makan. Pilihlah berbagai buah secara bergantian agar kamu tak bosan menikmati smoothies.

3. Oatmeal

Oatmeal dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama, makanan ini juga dapat membantumu yang sedang diet. Rasa oatmeal memang tak enak jika dimakan langsung. Untuk itu, kamu perlu menambahkan buah, kismis, atau toping coklat. Jadwalkan menu oatmeal seminggu dua atau tiga kali untuk diselingkan dengan menu sarapan yang lain.

Baca Juga: Bikin Nagih...Sarapan Pakai Nasi Goreng Nanas Yuk! Begini Cara Membuatnya!