Menu

Hati-hati Moms, Ini Penyakit Komplikasi pada Mata Akibat Kolesterol yang Tinggi

01 November 2022 16:15 WIB
Hati-hati Moms, Ini Penyakit Komplikasi pada Mata Akibat Kolesterol yang Tinggi

Ilustrasi kesehatan mata. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Kolesterol sendiri memang dibutuhkan tubuh untuk dapat membangun sel-sel baru agar tubuh bisa berfungsi secara normal. Namun, jika kadar kolesterol terlalu tinggi hal ini bisa menyebabkan organ lain menjadi rusak.

Salah satu organ yang dapat rusak adalah mata. Nah, untuk itu penting bagi Moms untuk mengetahui apa saja komplikasi penyakit yang terjadi pada mata jika kolesterol dalam tubuh tinggi. Yuk, simak terus artikel berikut ini!

1. Xanthelasma

Xanthelasma adalah kondisi munculnya benjolan-benjolan kuning di ujung mata atau kelopak atas. Ini terjadi karena endapan kolesterol di bawah kulit.

Penglihatan tidak akan terpengaruh oleh kondisi ini, menurut The Health Site. Kolesterol tinggi memengaruhi sekitar setengah dari mereka yang mengembangkan xanthelasma.

2. Oklusi vena retina

Oklusi vena retina merupakan penyumbatan pembuluh darah kecil kecil yang membawa darah menjauh dari retina. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah mata lainnya seperti glaukoma dan edema makula.

3. Arcus Senilis

Arcus senilis adalah suatu kondisi tanda lain dari kolesterol tinggi, yang terjadi ketika kolesterol memasuki kornea dan menyebabkan munculnya lingkaran putih atau biru seperti cincin (iris) di tepi kornea.

Baca Juga: Mampu Atasi Kolesterol Naik Saat Lebaran, Kamu Wajib Konsumsi Makanan Ini!

Baca Juga: Mengenal Sayur Okra, Makanan 'Super' Pembasmi Kolesterol

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.