Setelah melahirkan, proses menyusui jadi salah satu momen yang paling membahagiakan para ibu. Pasalnya menyusui bisa jadi salah satu cara untuk mempererat hubungan ibu dan anak. Meski begitu, enggak semua ibu bisa memproduksi ASI secara mencukupi.

Untuk meningkatkan suplainya, kamu perlu tahu bahwa ada waktu-waktu khusus di mana payudara memproduksi lebih banyak ASI. Ya, ASI lebih banyak diproduksi tubuh saat pagi hari. Ini beberapa faktor yang menyebabkan produksi ASIĀ  lebih tinggi di pagi hari:

1. Kapasitas Penyimpanan

Manusia memiliki tubuh yang berbeda. Hal itu pun berpengaruh terhadapa seberapa banyak ASI yang mampu ditampung oleh payudara. Produksi ASI tinggi saat pagi hari karena payudara cenderung lebih penuh dan lebih cepat menampung ASI

"Seorang ibu dengan kapasitas penyimpanan yang lebih kecil perlu lebih sering menyusui bayi untuk memuaskan nafsu makan bayi dan menjaga suplai ASI karena payudaranya akan lebih cepat penuh (produksi lambat),: ujar Konsultan Laktasi Bersertifikat Dewan Internasional Kelly Bonyata di KellyMom.

Baca Juga: Apakah Ibu yang Terinfeksi COVID-19 Masih Boleh Menyusui Anaknya?