Menu

4 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebab Otak Rusak, Nomor 1 Sering Banget Dilakuin, Bisa Berujung Kanker Lho!

03 November 2022 19:30 WIB
4 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebab Otak Rusak, Nomor 1 Sering Banget Dilakuin, Bisa Berujung Kanker Lho!

Ilustrasi otak manusia. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Otak merupakan organ yang berada di kepala sebagai pengendali semua fungsi tubuh manusia. Makanya, penting untuk selalu menjaga kesehatan otak supaya fungsinya tetap berjalan dengan baik.

Kesehatan otak yang baik membuat manusia bisa menyadari kemampuan sendiri dan mampu mengoptimalkan fungsi kognitif, emosional, psikologis, dan perilakunya.

Lantas, apa yang menyebabkan kerusakan otak?

Melansir dari berbagai sumber (3/11/2022), berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa jadi penyebab otak rusak. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Merokok

Kebiasaan merokok dapat memicu kerusakan otak. Merokok juga dapat mengganggu reproduksi DNA yang dapat meningkatkan risiko terbentuknya sel kanker.

Enggak hanya itu saja, kebiasaan merokok juga bisa mengurangi pasokan oksigen ke otak. Hal ini bisa membuat otak kesulitan bernapas dan akhirnya menyebabkan gangguan fungsi.

2. Kurang tidur

Otak membutuhkan waktu istirahat sekitar delapan jam, Dengan istirahat yang cukup, sel-sel yang rusak di otak dapat diperbarui.

Jika waktu tidur kurang dari delapan jam sehari, maka ada percepatan kematian sel-sel penting di otak. Hal ini bisa membuat kamu jadi cepat lelah.

Baca Juga: Berdampak Serius! Peneliti Sebut Virus Corona Bisa Merusak Otak dan Sistem Saraf

Baca Juga: Penelitian: Virus Corona Mampu Menginfeksi Otak dan Mereplikasi Diri 10 Kali Lipat

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.