Menu

Waspada Penyakti Jantung, 95 Persen Wanita yang ‘Selamat’ Mengalami Gejala-gejala Ini Sebulan Sebelum Kena Serangan, Apa Saja?

03 November 2022 19:03 WIB
Waspada Penyakti Jantung, 95 Persen Wanita yang ‘Selamat’ Mengalami Gejala-gejala Ini Sebulan Sebelum Kena Serangan, Apa Saja?

Ilustrasi seorang wanita terkena serangan jantung. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, serangan jantung seringkali bisa terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga. Namun, dalam banyak kasus, gejala serangan jantung berkembang jauh lebih lambat dan lebih awal, bahkan sebulan sebelum kejadian serangan jantung.

Dalam kasus seperti itu, menyadari bahwa tanda-tanda ini sebenarnya bisa menandakan masalah jantung utama, dapat membantumu mengambil tindakan yang tepat dan tepat waktu untuk mencegah serangan terjadi.

Harvard Health mengutip survei terhadap lebih dari 500 wanita yang selamat dari serangan jantung. Laporan tersebut mematahkan mitos populer tentang sifat serangan jantung yang tiba-tiba.

Kelelahan dan gangguan tidur tak boleh diabaikan

Dalam survei tersebut, 95 persen wanita mengatakan bahwa mereka menyadari ada sesuatu yang tak beres dalam sebulan atau lebih sebelum serangan jantung mereka. Lebih detail, dua tanda paling umum yang mengindikasikan serangan jantung adalah kelelahan dan gangguan tidur.

Sesak napas, lemas, keringat basah, pusing, dan mual adalah beberapa tanda utama yang dialami selama serangan jantung, menurut survei.

Gejala klasik nyeri dada adalah tanda peringatan dini umum dari masalah jantung bagi pria. Namun, itu lebih jauh ke bawah daftar untuk wanita-wanita ini.

Mereka yang mengalaminya justru merasakan tekanan, sakit, atau sesak di dada, bukannya rasa sakit. Hanya sekitar sepertiga wanita dalam penelitian ini yang mengalami nyeri dada selama serangan jantung.

Baca Juga: Bagi Penderita Penyakit Jantung Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Virus Corona, Waspada Ya!

Baca Juga: Pola Tidurmu Berantakan? Hati-hati, Kebiasaan Itu Bahaya untuk Jantung!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.