Menu

Sering Tidur Siang Bisa Picu Darah Tinggi dan Sebabkan Stroke, Kok Bisa Ya?

04 November 2022 10:00 WIB
Sering Tidur Siang Bisa Picu Darah Tinggi dan Sebabkan Stroke, Kok Bisa Ya?

Ilustrasi mau tidur. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Aktivitas yang padat kerap kali membuat tidur siang jadi terlewatkan. Namun, ternyata terlalu sering tidur siang juga bisa membawa bahaya bagi kesehatan tubuh, lho.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal American Heart Association Hypertension, orang yang sering tidur siang mungkin lebih berisiko menderita tekanan darah tinggi dan stroke.

Mengutip dari laman WebMD (4/11/2022), penelitian tersebut melibatkan sebanyak 360 ribu peserta dengan menyertakan sample darah, urine, dan air liur, kemudian sering melakukan tidur siang dan hasilnya dominan terkena stroke dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, para peserta juga mengisi kuisioner tentang apakah mereka enggak pernah atau jarang tidur siang atau biasa tidur siang.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa orang dewasa yang sering tidur siang memiliki kemungkinan 12 persen lebih tinggi menderita tekanan darah tinggi dan 24 persen lebih mungkin terserang stroke.

Namun, itu bukan berarti tidur siang selalu menyebabkan masalah kesehatan. Tidur siang bisa menyebabkan masalah kesehatan berbahaya jika disebabkan oleh gaya hidup yang enggak sehat.

Baca Juga: Waduh! Apa Benar Wanita Lebih Berisiko Alami Stroke?

Baca Juga: Penelitian: Tidur Siang Dapat Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung dan Stroke

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.