Menu

Penderita Kolesterol Tinggi Harap Waspada dengan Risiko Long Covid, Kalau Abai Efeknya Ngeri! Begini Penjelasan Ahli

04 November 2022 08:35 WIB
Penderita Kolesterol Tinggi Harap Waspada dengan Risiko Long Covid, Kalau Abai Efeknya Ngeri! Begini Penjelasan Ahli

Ilustrasi kolesterol dalam tubuh. (Pinterest/Edited by herstory)

HerStory, Bogor —

Beauty, kolesterol tinggi selalu menjadi risiko serius bagi kehidupan manusia. Dan Long Covid baru-baru ini dilihat sebagai ancaman.

Masalah kesehatan ini secara diam-diam memengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang yang memburuk secara bertahap dengan kecepatan yang lebih lambat.

Perhatian utama adalah meskipun ini memiliki efek fatal pada kehidupan, ada sedikit kesadaran di sekitarnya. Dan orang tak menyadari salah satu dari kondisi ini, sampai terlambat.

Apakah kolesterol tinggi terkait dengan Long Covid?

Sayangnya, jawabannya adalah ya, Beauty. Studi penelitian telah menetapkan bahwa kolesterol tinggi terkait dengan Long Covid. Beberapa juga mengatakan bahwa orang dengan kolesterol tinggi lebih mungkin mengembangkan Long Covid daripada mereka yang memiliki kadar kolesterol normal.

Sesuai studi penelitian tahun 2021, kolesterol secara bersamaan memperdagangkan enzim pengubah angiotensinogen (ACE2) ke situs entri endositik di mana SARS-CoV-2 mungkin berlabuh untuk mengeksploitasi entri ke dalam sel secara efisien. 

Studi berjudul "Peran kolesterol tinggi dalam kematian terkait usia Covid-19," yang dilakukan oleh para peneliti di The Scripps Research Institute menemukan bahwa infeksi virus pada sel dengan kolesterol tinggi lebih dari 3 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan kolesterol rendah.

Baca Juga: Salut! Putri Sofia Bantu Kerja di RS Lawan Covid-19

Baca Juga: Di Tengah Pandemi, Aaliyah Massaid Nyanyikan Lagu 'Saling Peduli'

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: