Menu

Rutin Lakukan Hal Ini Ternyata Bikin Panjang Umur, Mau Coba Gak?

04 November 2022 14:00 WIB
Rutin Lakukan Hal Ini Ternyata Bikin Panjang Umur, Mau Coba Gak?

ilustrasi wanita awet muda (freepik/cookie_studio)

HerStory, Jakarta —

Banyak orang yang menginginkan hidup panjang umur. Mereka pun melakukan berbagai cara supaya bisa memiliki umur yang panjang, salah satunya dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Ngomongin soal gaya hidup sehat, olahraga juga termasuk salah satu aktivitas fisik yang penting untuk dilakukan. Ternyata, olahraga juga bisa mengurangi kematian dini, lho.

Melansir dari laman Mirror (4/11/2022), sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Heart mengungkapkan bahwa latihan singkat yang dilakukan selama 15 menit seminggu akan sangat membantu dalam hal panjang umur.

"Hasilnya menunjukkan bahwa mengumpulkan aktivitas berat dalam latihan singkat sepanjang minggu dapat membantu kita hidup lebih lama," ungkap Dr Matthew Ahmadi dari University of Sydney.

Para peneliti mencatat bahwa risiko kelima hasil kesehatan yang merugikan seiring bertambahnya usia berkurang karena aktivitas singkat yang kuat. Hasil penyakit kardiovaskular dan risiko kanker juga berkurang. Risiko kematian juga turun dengan latihan singkat yang intens.

Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa risiko seseorang meninggal tanpa aktivitas berat adalah 4am lima tahun, tapi risiko itu berkurang setengahnya menjadi 2gan aktivitas berat mingguan kurang dari 10 menit, dan bisa turun menjadi 1gan 60 menit atau lebih.

Baca Juga: Katanya, Kebiasaan Orang Jepang Ini Bikin Panjang Umur Lho, Mau Coba?

Baca Juga: Wah, Rutin Bersepeda Bisa Turunkan Risiko Kanker hingga Jantung Lho! Ini Penjelasannya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.