Lahirnya seorang anak adalah momen yang paling dinantikan oleh setiap orang tua. Tak ayal pula, banyak orang tua yang memberi perawatan dan perlindungan ekstra pada bayi baru lahir agar tumbuh menjadi anak yang sehat.

Namun bisa dikatakan, bayi yang baru lahir rentan terkena penyakit lantaran sistem imun tubuhnya yang belum sepenuhnya kuat. Enggak cuma penyakit biasa saja, penyakit langka sekali pun dapat mengintai si kecil yang baru lahir. Bikin khawatir banget enggak sih, Moms?

Oleh sebab itu, enggak ada salahnya untuk mengenali lebih dulu deretan penyakit langka yang rentan menyerang anak yang baru lahir.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut empat di antaranya.

Hirshchsprung

Hirshchsprung merupakan salah satu penyakit langka yang menyerang pencernaan bayi. Kondisi ini merupakan penyakit bawaan yang biasanya diderita semenjak kelahiran bayi.

Hirshchsprung adalah suatu bentuk penyumbatan usus besar yang terjadi akibat lemahnya gerakan usus besar karena enggak memiliki saraf yang dapat mengendalikan kontraksi ototnya. Akibatnya, enggak ada gerakan peristaltik yang mengantarkan feses menuju anus.

Lambat laun, kotoran atau feses itu akan menumpuk dan membuat usus bertambah besar. Sehingga, bila feses tersebut keluar, ukurannya melebihi ukuran normal. Atau, juga bisa mengeluarkan kotoran yang encer, hitam, dan berbau busuk.

Penyakit Hirshchsprung ini biasanya terjadi pada bayi fullterm dan jarang terjadi pada bayi prematur. Biasanya juga, disertai cacat bawaan lainnya seperti down syndrom atau kelainan kardiovaskular.

Baca Juga: Moms, Pemberian Es Krim untuk Si Kecil saat Berusia di Bawah 2 Tahun Ternyata Gak Bagus Lho! Ini Penyebabnya

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas