Memiliki kulit sensitif tentunya sangat enggak nyaman karena sulit menemukan produk yang tepat dan sering mengalami kemerahan, perih, gatal, jerawat, hingga kulit terkelupas.

Berdasarkan survei, ternyata wanita lebih sering mengalami kulit sensitif daripada pria. Tak hanya itu sekitar 50% wanita pernah mengalami tanda-tanda kulit sensitif. 

Kenapa wanita lebih sering mengalami kulit sensitif? 

Hal ini dikarenakan wanita lebih banyak menggunakan produk kecantikan. Setuju dong pasti? Sudah menjadi hal yang biasa bagi wanita untuk menggunakan berbagai macam produk kecantikan agar kulit tampak lebih sehat dan berkilau. Beberapa rutinitas sehari-hari dalam menggunakan skincare pun bisa terdiri dari, cleanser, toner, serum, pelembab, sheet mask dan lain sebagainya.

Belum lagi terlalu sering berganti-ganti skincare karena merasa tak menimbulkan efek apapun dan sebagainya. Hal ini sudah menunjukkan bahwa banyak produk-produk kecantikan yang tersentuh di kulit wanita sehingga membuatnya menjadi lebih sensitif.

Tak hanya sering menggunakan berbagai macam produk, pengaruh hormon juga menjadi alasan kenapa wanita lebih rentan mengalami kulit sensitif. Perbedaan hormon yang dimilki wanita dan pria mempengaruhi hidrasi kulit yang dapat membuatnya lebih rentan mengalami kulit sensitif. Orang yang memiliki kulit kering biasanya sering mengalami kulit sensitif.

Enggak hanya itu, faktor usia juga mempengaruhi kulit sensitif seseorang. Saat memasuki usia 20 tahun, kulit menjadi lebih kering dan lapisan pelindung lebih menipis. Akibatnya kulit lebih mudah sensitif. 

Baca Juga: Make Up Nagita Slavina: Punya Lip Glow yang Sama dengan Bella Hadid sampai Face Wash Murah Milik Sejuta Umat

Faktor-faktor lain yang juga membuat kulit menjadi sensitif adalah sinar matahari, suhu, polusi, dan stres. Untuk itu pentingnya merawat kulit sensitif dengan memperhatikan produk kecantikan yang digunakan dan jangan sampai salah pilih karena akan menimbulkan iritasi.