Menu

Sering Dilakukan, 4 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Autoimun Lho Moms, Jangan Diabaikan Ya!

04 November 2022 17:00 WIB
Sering Dilakukan, 4 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Autoimun Lho Moms, Jangan Diabaikan Ya!

Ilustrasi sakit tenggorokan. (Freepik/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms tentu sudah tak asing mendengar sistem imun atau kekebalan tubuh, bukan? Sistem imun bertugas melawan infeksi virus, bakteri, dan benda asing lainnya. Nah, jika kekebalan tubuh menurun, maka bakteri dan virus akan menyerang tubuh dengan mudah.

Akibatnya, orang tersebut akan mengalami kondisi autoimun. Autoimun bisa menyerang orang-orang yang memiliki aktivitas padat dan gaya hidup kurang sehat. Lalu apa saja faktor penyebabnya? 

Berikut ini 4 faktor yang menyebabkan seseorang bisa mengidap autoimun, seperti dilansir dari Healthline, Jumat (4/11/2022), antara lain:

1. Kurang tidur

Jika kamu kurang tidur, seluruh tubuhmu akan menderita. Pasalnya tidur merupakan komponen utama dari hidup yang sehat, bahagia dan produktif. Tidur memberi kesempatan pada sel sel saraf di otak membuat koneksi yang baru.

Selain itu, tidur juga mengembalikan energi tubuh yang terpakai selama seharian.

2. Stres

Secara umum, stres memberi dampak bagus untuk tubuh, minimal bisa memotivasi diri menghadapi tantangan yang ada. Pasalnya, saat kita stres terjadi peningkatan produksi hormon adrenalin sebagai tanggapan atas tantangan yang dihadapi tubuh dari luar.

Namun, jika stres berlangsung lama dan berat maka tubuh akan terasa lebih cepat menua. Selain itu, stres kronis juga akan menimbulkan banyak masalah kesehatan, Moms.

Baca Juga: Ternyata 3 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Kamu Cepat Lapar Lho, Pernah Lakukan Ini Gak?

Baca Juga: Hal-Hal Ini Harus Banget Kamu Hindari, Supaya Kamu Enggak Jadi Bahan Omongan Orang-Orang, Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.