Menu

Sering Dialami tapi Banyak yang Gak Sadar, 6 Tanda Penyakit Jantung di Kulit! Waspada Moms

07 November 2022 11:20 WIB
Sering Dialami tapi Banyak yang Gak Sadar, 6 Tanda Penyakit Jantung di Kulit! Waspada Moms

Ilustrasi tangan kering dan pecah-pecah. (Luxebc.com/Edited by HerStroy)

HerStory, Bandung —

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang gejalanya sulit terdeteksi. Ini menyebabkan banyak orang meninggal karena penyakit jantung yang gejalanya sulit diketahui.

Mendeteksi penyakit jantung sendiri sebenarnya bisa membantu meringankan gejala dan mengurangi risiko komplikais penyakit lainnya. Nah, untuk mengetahui bagaimana tanda penyakit jantung, coba simak artikel berikut ini!

1. Pembengkakan pada kaki dan tungkai bawah

Pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, dan kaki bagian bawah bisa menjadi tanda bahwa jantung sedang tidak bekerja baik. Salah satu gejala penyakit jantung adalah penumpukan cairan di kaki yang menyebabkan pembengkakan. Jika kamu melihat kaki dan tungkai bawah bengkak tanpa penyebab jelas, seperti cedera. Maka, kamu harus segera konsultasi dengan dokter.

2. Bercak biru atau ungu pada kulit

Jika kamu memiliki bercak biru atau ungu di kulit, itu bisa menjadi tanda penyumbatan di pembuluh darah. Beberapa orang mengalami ekstremitas membiru ketika kedinginan. Jika kondisi ini terjadi pada saat suhu tubuh normal, maka itu bisa menjadi tanda darah tidak mendapatkan cukup oksigen. Jika terdapat bercak di jari kaki itu disebut sindrom kaki biru. Bila tak diobati, kondisi itu bisa menyebabkan kulit dan jaringan di sekitarnya mati.

3. Pola seperti bercak biru atau ungu

Pola seperti bercak biru atau ungu pada kulit biasanya muncul karena kedinginan atau efek samping dari minum obat-obatan tertentu. Tapi, pola seperti jaring biru atau ungu yang muncul tanpa penyebab jelas bisa menjadi gejala penyakit jantung.

Istilah teknisnya adalah 'sindrom embolisasi kolesterol'. Pola pada kulit adalah tanda bahwa arteri kecil telah tersumbat, yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan dan organ.

Baca Juga: Bagi Penderita Penyakit Jantung Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Virus Corona, Waspada Ya!

Baca Juga: Pola Tidurmu Berantakan? Hati-hati, Kebiasaan Itu Bahaya untuk Jantung!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.