Menu

Waspada Beauty! Virus HPV Bukan Cuma Bisa Sebabkan Kanker Serviks, Tapi Juga Sederet Penyakit Ini, Duh Ngeri...

07 November 2022 12:45 WIB
Waspada Beauty! Virus HPV Bukan Cuma Bisa Sebabkan Kanker Serviks, Tapi Juga Sederet Penyakit Ini, Duh Ngeri...

Vaksin kanker serviks. (iStockphoto/CatLane)

HerStory, Jakarta —

dr. Cindy Rani Wirasti, Sp.OG., Anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia, mengatakan bahwa kanker serviks merupakan kanker yang terjadi pada serviks atau leher rahim – bagian bawah pada rahim yang menghubungakan antara rahim dan vagina. 

Menurut dr. Cindy, kanker serviks sendiri tak terjadi secara tiba-tiba, diperlukan waktu bertahun-tahun walaupun terkadang dapat terjadi dalam waktu yang lebih singkat.

“Jadi, ketika seorang remaja yang aktif melakukan hubungan seksual kemudian terpapar HPV, kanker serviks dapat muncul ketika usianya sudah dewasa,” tutur dr. Cindy, saat acara kelas jurnalis pencegahan kanker serviks dari MSD Indonesia dan Kementerian Kesehatan, Jakarta, belum lama ini.

dr. Cindy lantas mengatakan, ketika seorang wanita terinfeksi virus HPV tipe tertentu dan sistem imun tubuh tak berhasil membunuh virus tersebut, maka HPV dapat mengakibatkan sek di daerah serviks menjadi abnormal.

Dan, bila tak terdeteksi atau diobati secara dini, maka sel-sel abnormal ini akan berkembang menjadi prakanker dan secara bertahap akan menjadi kanker.

“Karenanya, deteksi dini untuk mencegah kanker serviks sangatlah penting karena infeksi pada rahim senantiasa tak menimbulkan gejala,” ujar dr. Cindy.

Baca Juga: Apa Itu Kanker Serviks?

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Keputihan Pertanda Kanker Serviks?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.