Menu

Dahsyat! Mengkudu Ternyata Ampuh Bikin Gula Darah Tinggi Ambrol, Begini Cara Tepat Mengonsumsinya Moms

07 November 2022 17:40 WIB
Dahsyat! Mengkudu Ternyata Ampuh Bikin Gula Darah Tinggi Ambrol, Begini Cara Tepat Mengonsumsinya Moms

Jus Mengkudu (Aceh.tribunnews.com/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms tentu tak asing dengan buah mengkudu, bukan? Buah berwarna hijau kekuningan mirip dengan nanas ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, salah satunya ampuh bikin gula darah tinggi ambrol, lho. Sayangnya, tak banyak orang yang tahu akan manfaatnya.

Rasa dari buah spesies keluarga kopi ini memang gak enak dan baunya sedikit tajam. Namun, pada satu buah mengkudu mengandung 90 persen air. Sedangkan 10 persen bagian keringnya terdiri dari serat, protein, dan gula.

Kandungan protein dan asam amino memenuhi sekitar 11,3 persen dari keseluruhan bagian keringnya. Selain itu, buah mengkudu mengandung mineral seperti kalsium, sulfur, kalium, magnesium, fosfor, serta selenium yang keseluruhannya mencapai 10 – 12 persen.

Vitamin yang paling banyak terkandung dalam buah mengkudu yaitu vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C. Penelitian pada hewan telah menunjukkan hasil yang menjanjikan terhadap manfaat buah mengkudu untuk mengontrol kadar gula darah.

Peneliti di Universitas Hindia Barat juga telah melakukan satu penelitian semacam itu. Hasilnya, buah mengkudu memiliki sifat penurun gula darah.

Baca Juga: Bukan Penderita Diabetes? Mungkin Ini Penyebab Gula Darah Tinggi

Baca Juga: Ini Tanda Peringatan Gula Darah Tinggi di Malam Hari, Waspada Diabetes Tipe 2!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.