Saat berbelanja mungkin Moms terbiasa membeli buah dan sayuran sekaligus dalam jumlah besar. Ketika Moms lupa untuk mengolahnya, akibatnya buah dan sayuran dibiarkan berhari-hari di kulkas sampai membusuk.

Nah, Moms bisa menerapkan cara menyimpan buah dan sayuran di kulkas yang baik agar kualitasnya tetap terjaga. Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/11/2020) berikut tipsnya.

1. Pisahkan Sayuran dan Buah-buahan

Kamu harus menyimpan sayuran secara terpisah dengan buah. Buah-buahan dapat menghasilkan zat etilen, yang akan mempercepat kematangan bahan makanan segar. Pada akhirnya ini menyebabkan proses pembusukan terjadi lebih cepat. Jika kamu ingin sayuran bisa bertahan selama tiga hari tanpa membusuk, simpan di rak khusus sayuran. Terpisah dari buah-buahan dan bawang-bawangan.

2. Lapisi sayuran dengan tisu

Seringkali kita memiliki sisa sayuran yang belum sempat terpakai. Untuk menyiasatinya, gunakan beberapa lembar tisu kering lalu simpan di atas sayuran hijau. Tisu akan menyerap air sehingga sayuran akan segar lebih lama.

3. Simpan kentang di dekat apel

Kentang yang telah disimpan dalam waktu lama akan ditumbuhi tunas-tunas beracun yang berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu dibutuhkan teknik khusus agar kesegaran kentang tetap terjaga. Salah satu caranya adalah menyimpan kentang bersama beberapa buah apel. Buah apel bersifat menyerap kelembapan sehingga kentang akan tetap segar meski disimpan dalam waktu lama.

Baca Juga: Mengenal Diet Flexitarian, Pola Makan Sehat yang Menjanjikan Banyak Manfaat