Moms tahu enggak sih, kondisi kesehatan bayi bisa dilihat dari warna fesenya lho. Makanya Moms, penting banget untuk selalu memantau warna feses atau kotoran bayi. Bayi yang baru lahir memiliki beragam warna feses yang keluar dari tubuhnya. Terkadang, warna fesesnya hitam, lalu bisa saja berubah menjadi kuning atau hijau. 

Perubahan warna feses pada bayi yang baru lahir bisa disebut normal, apalagi di tahun pertama kelahirannya. Bahkan, warna feses pada bayi yang mengonsumsi ASI, susu formula, hingga mulai makan makanan padat pun memiliki warna yang berbeda. 

Dari warna feses itulah, Moms bisa mengenali kondisi kesehatan pada si kecil. Kira-kira apa saja ya warna feses bayi beserta maknanya? Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/11/2020), simak penjelasan berikut yuk Moms!

Hitam

Beberapa hari setalah kelahiran, warna feses bayi akan berwana hitam dan ini terbilang normal. Feses bayi yang baru lahir berawarna hitam dengan konsistensi kental dinamakan meconium, di mana mengandung lendir, sel-sel kulit, dan cairan ketuban.

Dua hingga empat hari setelah lahir, Moms akan melihat BAB transisi pada si kecil. Ini merupakan tanda bayi mulai mencerna ASI atau susu formula dan beralih ke kotoran bayi normal. Warna fesesnya akan berwarna lebih terang - kuning kehijauan atau coklat- dan teksturnya lebih longgar serta kasar.

Baca Juga: 7 Jenis Fobia Unik Ini Bisa Dialami Anak-Anak, Moms Sudah Tahu?