Menu

Bikin Kadar Gula Darah 'Ngamuk', Buruan Hindari 7 Makanan Ini, Nomor 4 Masih Sering Dikonsumsi Nih!

09 November 2022 10:00 WIB
Bikin Kadar Gula Darah 'Ngamuk', Buruan Hindari 7 Makanan Ini, Nomor 4 Masih Sering Dikonsumsi Nih!

Ilustrasi penderita diabetes. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Gula darah tinggi (hiperglikemia) merupakan kondisi yang ditandai dengan kadar glukosa dalam darah melebihi batas aman. Seseorang disebut memiliki gula darah tinggi apabila kadar glukosa dalam darahnya melebihi 125 mg/dL saat puasa dan lebih dari 180 mg/dL setelah makan.

Ada beberapa makanan yang perlu dihindari untuk mengontrol kadar gula darah supaya tetap berada di angka yang normal. Sudah tahu belum?

Melansir dari berbagai sumber (9/11/2022), berikut ini beberapa makanan yang bisa membuat kadar gula darah naik dan harus dihindari. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Karbohidrat olahan

Saat kamu sedang mengontrol kadar gula darah, enggak disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat olahan. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar karbohidrat olahan memiliki protein dan serat yang rendah.

2. Makanan kaleng

Makanan kaleng dan acar mengandung tinggi natrium, sehingga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi pada penderita diabetes.

3. Daging olahan

Menurut penelitian, daging olahan dapat memicu kenaikan berat badan hanya dalam waktu dua minggu yang dampaknya berpengaruh pada kesulitan mengendalikan gula darah.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.