Menu

Banyak yang Gak Sadar, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Jadi Penyebab Penyakit Maag Akut

09 November 2022 18:30 WIB
Banyak yang Gak Sadar, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Jadi Penyebab Penyakit Maag Akut

Ilustrasi merasakan sakit maag. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Maag adalah penyakit yang bisa menyerang siapapun dan kapanpun. Penyebab maag kambuh pun biasanya muncul dari berbagai faktor. Gejala yang muncul pun biasanya ringan atau parah hingga bisa mengganggu aktivitas.

Maag sering dikaitkan dengan kebiasaan telat makan. Perut yang dibiarkan kosong diyakini dapat memicu produksi asam lambung berlebih sehingga menimbulkan gejala sakit maag. Padahal, penyebab maag bukan hanya akibat pola makan yang berantakan. Lalu, apa saja ya?

Kebiasaan buruk penyebab maag

1. Langsung berbaring setelah makan

Langsung berbaring setelah makan ternyata bisa memicu naiknya makanan dan asam lambung ke kerongkingan. Ini pun bisa menyebabkan mual, nyeri dada atau perut.

2. Porsi makan terlalu besar

Makan dalam porsi yang terlalu besar dapat meningkatkan produksi asam lambung. Ketika makan terlalu banyak, lambung juga menerima tekanan berlebih karena meregang dengan cepat. Inilah yang lantas menjadi penyebab maag.

3. Minum alkohol secara berlebihan

Kebiasaan minum alkohol secara berlebihan bisa menyebabkan iritasi dan pengikisan lapisan lambung. Akibatnya, lambung menjadi lebih rentan terhadap kerusakan akibat terkena asam lambung secara terus-menerus.

4. Merokok penyebab maag

Kebiasaan merokok dapat mengendurkan kekuatan otot sfingter kerongkongan bagian bawah. Otot ini berfungsi mencegah naiknya isi lambung ke kerongkongan. Jika otot sfingter melemah, asam lambung dapat mengalir naik dan menyebabkan heartburn.

Baca Juga: Moms Sering Sakit Maag di Masa Kehamilan? Tenang, Atasi dengan Cara Ini, Yuk!

Baca Juga: Waspada! Ternyata Ini Penyebab GERD Enggak Bisa Sembuh Total

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.