Menu

Terlalu Banyak Minum Air Putih Ternyata Bisa Berbahaya? Ini Faktanya!

09 November 2022 19:40 WIB
Terlalu Banyak Minum Air Putih Ternyata Bisa Berbahaya? Ini Faktanya!

Air putih. (Unsplash/Jana Sabeth)

HerStory, Bandung —

Mengonsumsi air putih dengan jumlah yang normal merupakan salah satu kebiasaan yang dianjurkan agar setiap orang memiliki tubuh yang sehat. Meski minum air putih memang menyehatkan, namun rupanya terlalu berlebihan mengonsumsi air putih juga bisa berbahay bagi tubuh lho.

Pasalnya, memiliki terlalu banyak air membuat darah encer yang menurunkan konsentrasi sodium dan elektrolit dalam tubuh. Karena natrium adalah apa yang mengatur air di dalam dan sekitar sel tubuh, sel mulai membengkak. Lalu apa saja bahaya terlalu banyak mengonsumsi air putih? Yuk, simak penjelasan berikut!

Urine berwarna transparan

Arti warna urine yang jernih menjadi tanda bahwa kamu telah mnum terlalu banyak air atau lebih dari cukup. Tubuh memang membutuhkan air untuk tetap terhidrasi dan berfungsi dengan baik. Namun saat konsumsi air berlebihan membuat urine terlihat seperti air yang kamu teguk.

Urine jernih sesekali bukanlah masalah besar. Tetapi jika ini adalah masalah yang terus berlangsung, kamu mungkin menurunkan kadar garam dan elektrolit di bawah apa yang dibutuhkan tubuh.

Tubuh akan menyingkirkan kelebihan air

Minum lebih banyak air daripada yang dibutuhkan tubuh sering mengakibatkan ginjal Anda berjuang untuk menyingkirkan kelebihan air.

Ekstra air yang terkumpul di tubuh akan menimbulkan gejala yang tidak menyenangkan, seperti mual, diare, atau dalam beberapa kasus, muntah.

Baca Juga: Jangan Lupa! Ini 5 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

Baca Juga: Ternyata Bahaya! 5 Tanda Ini Bakal Muncul Kalau Kamu Kebanyakan Minum Air Putih

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.