Mie instan kerap menjadi menu andalan masyarakat Indonesia, terutama anak kos. Dengan varian rasa yang beragam yang memanjakan lidah, mie instan juga menjadi solusi disaat perut lapar dan isi dompet menipis. 

Banyak yang beranggapan bahwa mengonsumsi mie instan dapat berbahaya bagi kesehatan karena makanan minim gizi. Namun, tak selamanya makan mie instan itu buruk, lho! Ada cara mengkonsumsi mie instan yang aman dan lebih sehat untuk tubuh. Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/11/2020) berikut tipsnya!

1. Membuang Air Rebusan

Mie instan kuah memang lebih nikmat jika disajikan bersama air rebusan awal, kaldunya akan lebih meresap. Tetapi jika ingin terhindar dari bahaya, kita harus membuang air rebusan pertama dan mengganti mie instan kuah dengan air rebusan baru. Kekeruhan yang meninggalkan rasa sedap di rebusan air pertama ini tak sehat karena adanya percampuran minyak, air, dan juga zat pengawet yang ada di dalam mie instan.

2. Jangan campur bumbu mie instan saat dimasak

Bumbu mie instan mengandung MSG yang ketika dipanaskan hingga mencapai suhu 120 derajat, justru akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. MSG tersebut akan berubah menjadi zat karsinogen yang dapat memicu kanker.

Baca Juga: Kamu dan Mertua Suka Masak Bareng tapi Beda Pendapat? Berikut Tips Agar Gak Baper sama Mertua!