Menu

Waspada Penyakit Tifus Moms! Ikuti Tips Dokter Ini untuk Melindungi si Kecil dari Infeksi

10 November 2022 07:35 WIB
Waspada Penyakit Tifus Moms! Ikuti Tips Dokter Ini untuk Melindungi si Kecil dari Infeksi

Ilustrasi anak sedang sakit. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Moms, demam tifoid atau tifus adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh Salmonella typhi, yang dapat mempengaruhi banyak organ tubuh. Jika tak diobati, tipus bahkan bisa berakibat fatal.

Nah, anak-anak lebih mungkin tertular infeksi tifoid karena sistem kekebalan mereka yang masih berkembang, Moms. Mereka juga dapat tertular infeksi dengan mudah jika mereka tak menyadari tindakan pencegahan yang diperlukan untuk diikuti.

Bagaimana anak bisa terkena demam tifoid?

Surakshit TK, Konsultan Gastroenterologi dan Ilmu Hepatobiliary di Fortis Escorts, Okhla, New Delhi menjelaskan bahwa demam tifoid adalah salah satu penyebab keracunan makanan yang paling umum.

“Ini menyebar melalui makanan dan air yang terkontaminasi. Di tempat-tempat dengan sanitasi yang buruk dan sedikit akses ke air minum yang aman, tifus sering diamati,” kata Dr. Surakshit TK.

Sementara itu, Rajesh Kumar, Konsultan Penyakit Dalam di Rumah Sakit Paras, Gurugram, menambahkan bahwa penyakit ini dapat dengan mudah menyebar dari orang yang terinfeksi ke orang yang tidak terinfeksi melalui sumber yang terkontaminasi seperti air dan peralatan yang tidak dicuci, kurangnya kebersihan yang layak, dan makanan yang tak dimasak.

“Anak-anak tak boleh mengonsumsi makanan jajanan yang disiapkan dan disajikan di tempat terbuka dengan alternatif yang murah dan bahan yang tak higienis. Beri tahu mereka untuk menghindari air keran dan barang-barang berbasis sakarin seperti perme, es loli, dll, ” kata Dr. Rajesh Kumar memperingatkan.

Tanda-tanda anak menderita tifus

Lebih lanjut, dokter pun memaparkan beberapa gejala umum yang terkait dengan demam tifoid yang dapat membuat pasien lemah.

Ini termasuk demam berkepanjangan, kelelahan, sakit kepala, mual, sakit perut, sembelit, diare, ruam, muntah, dan kehilangan selera makan.

Baca Juga: 4 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Tipes, Bukan Karena Terlalu Kecapean!

Baca Juga: Jajan Sembarangan Bisa Picu Demam Tifoid, Yuk Pahami Gejalanya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Riana Agustian