Menu

Astaga... Ternyata Kanker Payudara Dapat Diidap Tanpa Gejala, Begini Cara Mendiagnosisnya!

10 November 2022 13:05 WIB
Astaga... Ternyata Kanker Payudara Dapat Diidap Tanpa Gejala, Begini Cara Mendiagnosisnya!

Ilustrasi tumor payudara (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, jenis kanker yang paling umum pada wanita adalah kanker payudara. Jutaan wanita di seluruh dunia telah meninggal karena kanker payudara, yang sebenarnya dapat dicegah dengan mudah. 

Insiden kanker payudara berada di sepanjang waktu, dan alasan utama adalah kurangnya kesadaran yang mengarah pada diagnosis yang terlambat.

Diagnosis: Kanker Payudara Tanpa Gejala

Seperti namanya, kita tak melihat atau mengalami gejala pada kasus kanker payudara tanpa gejala. Dalam kasus seperti itu, penyakit ini bisa menyebar ke bagian tubuh lain dari tempat asalnya. 

Kanker payudara metastatik umumnya terdeteksi pada stadium lanjut dimana pilihan pengobatan menjadi lebih invasif. Namun, seseorang dapat menghindari mencapai stadium lanjut dengan tes skrining kanker dini. 

Wanita di atas usia 40 tahun harus berkonsultasi dengan dokter kandungan mereka untuk pemeriksaan payudara klinis setahun sekali. Selain itu, untuk kasus risiko rendah mamografi harus dilakukan dua tahun sekali.

Seberapa sering harus diskrining?

Dr Mukesh Gupta, Ahli Obstetri & Ginekolog, Le Nest Hospital Malad, Mumbai, mengatakan, dalam kasus berisiko tinggi, skrining harus lebih agresif dari 25 tahun ke depan dengan berkonsultasi dengan dokter. 

Seseorang harus waspada dan mendapatkan berbagai tes pencitraan seperti mamografi x-ray, ultrasound payudara, MRI, CT, dan pemindaian PET yang tersedia yang dapat mendeteksi adanya keganasan di payudara. 

Seiring bertambahnya usia, tes ini harus dilakukan karena merupakan strategi pencegahan penting untuk diagnosis dini. Kanker mungkin tetap tidak terdeteksi selama 2 hingga 5 tahun, oleh karena itu penting untuk mendapatkan tes skrining pada wanita tanpa gejala.

Baca Juga: Katanya 5 Makanan Ini Berpotensi Bisa Cegah Kanker Payudara, Benar Enggak Ya?

Baca Juga: Mampu Cegah Kanker Payudara! Ternyata Akibat Likopen, Kandungan Ajaib yang Ada dalam Tomat

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: