Menu

Tips Hidup Sehat Agar Terhindar dari Penyakit Diabetes, Ayo Coba Moms!

10 November 2022 11:10 WIB
Tips Hidup Sehat Agar Terhindar dari Penyakit Diabetes, Ayo Coba Moms!

Ilustrasi seseorang sedang berolahraga. (Unsplash/Kiki Vega)

HerStory, Bandung —

Penyakit diabetes saat ini menjadi penyakit yang bukanlah asing bagi masyarakat. Penyakit ini pun membuat penderitanya memiliki kondisi tubuh yang abnormal. Hal ini dikarenakan adanya kadar glukosa dalam darah dan urin yang meningkat hingga membuat tubuh tak mampu untuk menghasilkan hormon insulin.

Penyakit ini biasanya diawali dengan berbagai kebiasaan buruk dari para penderitanya. Untuk itu, perlu bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya dengan mengikuti pola hidup sehat agar terhindar dan juga untuk mencegah penyakit diabetes. Berikut adalah berbagai cara untuk dapat melakkan hidup sehat yang telah HerStory rangkum, diantaranya!

1. Mengonsumsi makanan sehat tinggi serat

Salah satu penyebab seseorang mengalami diabetes biasanya karena mengonsumsi makanan yang enggak sehat. Selain itu, penderita diabetes juga cenderung makan berlebihan. Ini penyebab kenapa penderita obesitas berisiko tinggi terkena penyakit diabetes.

Cara yang bisa Moms lakukan, yakni dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan tinggi serat. Makanan tinggi serat akan mencegah perut lapar dan menahan keinginan untuk terus makan. Makanan plant based cenderung memiliki kandungan serat yang tinggi, seperti sayur, buah, biji-bijian,polong, kacang-kacangan, dan sebagainya.

2. Selalu menjaga berat badan ideal

Enggak dipungkiri kalau berat badan yang ideal adalah yang terbaik unntuk kesehatan. Dilansir dari Harvard School of Public Health, mengurangi 7-10i berat tubuh bisa mengurangi setengah risiko terkena diabetes tipe 2.

Berat badan standar menurut kesehatan sendiri diukur menggunakan hitungan khusus yang dikenal dengan Body Mass Indekx (BMI). Hitungan ini menggunakan perbandingan massa tubuh dan tinggi badan. Angka normal seseorang dalam bobot yang ideal pun berkisar di angkar 18,5-24,5.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.