Menjaga kehamilan tentu sangat penting agar bayi dapat dilahirkan dengan sehat. Gaya hidup sehat dan pola makan tentu mempengaruhi kesehatan bayi dan ibu. Jadi enggak heran lagi bahwa banyak pantangan dalam ibu hamil untuk megonsumsi beberapa makanan.

Namun, ada pula makanan yang dibilang tak baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu coklat. Bener enggak, ya?

Melansir dari beberapa sumber, coklat sebenernya aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, ibu hamil harus mengetahui batasan mengonsumsi coklat. Terlalu banyak makan coklat akan membuat Moms merasa kenyang sehingga asupan makanan yang sehat berkurang.

Selain itu, perlu diketahui bahwa coklat memiliki kandungan kafein. Akan tetapi, ibu hamil tak boleh terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kafein, yaitu 200mg per harinya.

Hal ini dikarenakan saat hamil tubuh lebih lama mengolah kafein sehingga lebih mudah dicapai oleh janin. Jika kafein sudah berpindah ke janin maka bisa mengakibatkan proses pertumbuhan bayi menjadi terganggu.

Tak hanya itu saja, mengonsumsi coklat juga bisa menimbulkan penyakit diabetes gestasional dan kenaikan berat badan. Apalagi jika coklat yang dikonsumsi memiliki kandungan gula yang tinggi. Inilah kenapa coklat dikatakan berbahaya bagi ibu hamil.

Meskipun begitu, bukan berarti ibu hamil dilarang mengonsumsi coklat, ya. Disarankan konsultasi ke dokter untuk mengetahui jumlah aman ibu hamil mengonsumsi coklat agar kesehatan janin dan ibu tetap terjamin.

Baca Juga: Sempat Dirawat di Rumah Sakit, Christina Perri Harus Kehilangan Putri Kecilnya