Menu

Psikolog Ungkap Cara Paling Baik dalam Menemukan Bakat dan Potensi Anak, Ini Triknya Moms!

11 November 2022 06:40 WIB
Psikolog Ungkap Cara Paling Baik dalam Menemukan Bakat dan Potensi Anak, Ini Triknya Moms!

Anak kecil yang sedang melihat buku (Unsplash/Stephen Andrews)

HerStory, Jakarta —

Psikolog Anak, Erika Kamaria Yamin, M.Psi., Psikolog, CHt, menuturkan jika kalau setiap anak punya bakat dan potensi yang sama penting. Dan, dalam perjalanan panjang seorang anak mewujudkan mimpinya, peran orang tua sebagai support system memegang peranan yang sangat penting. Namun, menemukan potensi dan bakat anak sejak usia dini tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi orang tua.  

"Peran orang tua sangat penting dalam masa-masa usia emas untuk memberikan stimulasi yang tepat kepada anaknya untuk menggali bakat dan minat anak," tutur Erika, saat ditemui di perhelatan Kiddofest 2022, di Main Atrium Pluit Village Mall, Jakarta Utara, Kamis (10/11/2022).

"Dan, orang tua sebaiknya memberikan stimulasi seimbang yang mencakup pertumbuhan fisik, kognitif, motorik, bahasa, dan sosial emosi," sambung Erika.

Lebih lanjut, Erika pun mewanti-wanti orang tua bersabar dalam hal menemukan bakat dan potensi anak. Karena, potensi dan bakat anak sendiri bukan hal yang ‘instan’ untuk bisa ditemukan.

“Peran orang tua adalah mengajak anak diskusi. Benar nggak kamu maunya ini gitu. Kasih tahu juga yang ada di baliknya itu bagaimana. Jadi komunikasi dua arah memang penting,” ujar Erika.

"Oleh karena itu, cara yang paling baik dalam menemukan potensi anak adalah orang tua harus melihat dari keseharian anak terlebih dahulu, suka atau tidak dengan pelajaran di sekolah. Adapun, kuncinya sendiri itu 3 E, yaitu easy, excellent, enjoy," tambah Erika.

Baca Juga: Di Balik Tingkah Laku Si Kecil Ternyata Ada Ciri-ciri Bakat yang Terpendam, Coba Perhatikan Yuk Moms!

Baca Juga: 6 Cara Mudah Mencari Tahu Bakat Anak, Jangan Disepelekan Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.