Daging ayam baru bisa dikonsumsi secara aman kalau sudah dimasak dengan sempurna. Masaklah ayam setidaknya dengan suhu 74 derajat celsius. Hal ini karena, didalam tubuh ayam terdapat berbagai jenis bakteri, virus, dan parasit yang akan tetap hidup walaupun ayam sudah mati. 

Seperti apa ciri-ciri ayam yang tak dimasak sempurna? Pertama, perhatikan warnanya dengan saksama. Kalau dagingnya masih agak merah atau pink, jangan dimakan. Perhatikan juga tekstur dagingnya yang terasa kenyal, alot, dan sulit dikunyah. Daging ayam matang warnanya putih hingga bagian dalamnya dan terasa lembut, berserat, serta mudah dikunyah. Mengutip dari laman hello sehat, Kamis (12/11/2020) berikut risiko penyakit yang muncul saat kamu mengkonsumsi ayam mentah.

1. Tipes

Penyakit tipes atau demam tifoid disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini hidup dan berkembang biak di dalam tubuh ayam ternak. Namun, bukan berarti ayam ternak penuh bakteri Salmonella typhi. Biasanya penularan ini terjadi ketika ada orang atau pedagang ayam yang sudah terkontaminasi bakteri tersebut menyentuh ayam yang kamu beli.

Bila terkena penyakit tipes, kamu mungkin harus dirawat di rumah sakit. Apalagi kalau kamu mengalami diare, perdarahan, atau gangguan pencernaan serius. Gejala penyakit tipes biasanya baru muncul beberapa hari hingga dua minggu setelah makan daging ayam belum matang yang mengandung bakteri. Gejalanya antara lain demam tinggi, nyeri otot, sakit perut, mual, lemas, dan kehilangan nafsu makan.  Jika tak segera ditangani, penyakit tipes bisa menyebabkan kematian.

2. Flu burung

Virus yang jadi penyebab flu burung, yaitu H5N1, sempat mewabah di Indonesia. Virus yang hidup dalam tubuh ayam serta unggas lainnya ini bisa ditularkan pada manusia. Apalagi kalau mengonsumsi daging ayam belum matang yang sudah terjangkit flu burung. Gejala penyakit ini antara lain batuk, sulit bernapas, sakit tenggorokan, demam, nyeri otot, hidung berair, dan diare. Seperti infeksi lainnya, virus ini bisa menyebabkan kematian bila tak diobati.

Menurut rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO), memasak ayam hingga suhu dagingnya mencapai 74 derajat Celsius mampu membunuh virus H5N1. Akan tetapi, meski sudah dimasak sempurna, sebaiknya jangan mengonsumsi daging ayam dari peternakan yang terjangkit flu burung. 

Baca Juga: Anak Suka Makan Junk Food? kenali Bahayanya yang Mengancam Kesehatan, Moms!