Menu

Bahaya Gula Darah Tinggi: Ini Dampak Diabetes di Kaki yang Bisa Sampai Amputasi, Waspadai Gejalanya Beauty!

14 November 2022 13:00 WIB
Bahaya Gula Darah Tinggi: Ini Dampak Diabetes di Kaki yang Bisa Sampai Amputasi, Waspadai Gejalanya Beauty!

Ilustrasi timbul bercak merah pada kaki. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, diabetes adalah kondisi kronis yang terjadi ketika pankreas tak dapat memproduksi cukup insulin atau ketika tubuh tak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif. Penyebabnya, kemungkinan karena peningkatan kadar gula darah, yang dapat menyebabkan komplikasi parah jika tidak segera ditangani.

Yang lebih mengkhawatirkan adalah diabetes dapat memengaruhi bagian tubuh mana pun, termasuk kaki, Beauty. Ya, diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah, yang kemudian dapat merusak tungkai dan kaki. 

Karenanya, diagnosis dan pengobatan dini adalah kunci untuk mengelola kondisi ini, jika tidak diobati dan tidak sembuh, bahkan dapat menyebabkan amputasi, kata Diabetes UK.

Cara diabetes dapat mempengaruhi kaki 

Ada banyak cara diabetes dapat memengaruhi kaki. Salah satunya adalah neuropati diabetik atau jenis kerusakan saraf yang dapat terjadi pada penderita diabetes. 

Pada neuropati diabetik, diabetes yang tak terkontrol dapat memengaruhi dan merusak saraf, sedangkan penyakit pembuluh darah perifer juga memengaruhi aliran darah, menyebabkan beberapa gejala yang muncul di kaki itu sendiri. 

Menurut Mayo Clinic, neuropati diabetik paling sering merusak saraf di tungkai dan kaki, oleh karena itu gejalanya meliputi nyeri dan mati rasa di tungkai, kaki, dan tangan.

Masalah kaki terkait diabetes lainnya adalah borok atau ulkus kaki. Ulkus kaki diabetik adalah luka terbuka yang lazim terjadi pada sekitar 15 persen pasien diabetes. Ini terutama ditemukan di bagian bawah kaki. Sementara pada kasus ringan, ulkus kaki dapat menyebabkan kulit terkelupas, pada kasus yang parah dapat menyebabkan amputasi.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.