Menu

Setelah Menopause, Wanita Rentan Menderita Penyakit Jantung! Begini Cara Mencegahnya...

14 November 2022 14:00 WIB
Setelah Menopause, Wanita Rentan Menderita Penyakit Jantung! Begini Cara Mencegahnya...

Ilustrasi seseorang mengalami serangan jantung (Freepik/Jcomp)

HerStory, Jakarta —

Penyakit jantung merupakan kondisi ketika jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguannya juga bermacam-macam, bisa berupa gangguan di pembuluh darah jantung, katup jantung, atau otot jantung.

Menurut sebuah studi, risiko penyakit jantung akan naik signifikan pada wanita yang sudah menopause. Studi tersebut telah menemukan korelasi antara hormon estrogen rendah dengan perkembangan penyakit kardiovaskular.

Saat memasuki tahap awal menopause, kadar estrogen akan menurun dengan cepat dalam tubuh. Hormon estrogen dipercaya dapat melindungi jantung dan menjaganya tetap sehat.

Wanita yang mengalami menopause dini atau ovariumnya diangkat melalui pembedahan pada usia dini memiliki peningkatan risiko penyakit jantung. Semakin hormoon estrogen menurun, maka semakin tinggi risikonya.

Penelitian telah menyimpulkan bahwa wanita yang mengalami menopause dini dan menerima terapi penggantian hormon enggak berisiko tinggi dibandingkan dengan yang enggak.

Lantas, bagaimana cara mengurangi risiko penyakit jantung selama menopause?

Mengutip dari berbagai sumber (14/11/2022), perubahan gaya hidup adalah cara terbaik yang direkomendasikan dokter supaya wanita bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Bagi Penderita Penyakit Jantung Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Virus Corona, Waspada Ya!

Baca Juga: Pola Tidurmu Berantakan? Hati-hati, Kebiasaan Itu Bahaya untuk Jantung!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.