Menu

Bisa Fatal dan Rusak Masa Depan Anak, Ini 3 Tanda Toxic Parents yang Masih Dianggap 'Normal'! Catat Moms!

14 November 2022 15:15 WIB
Bisa Fatal dan Rusak Masa Depan Anak, Ini 3 Tanda Toxic Parents yang Masih Dianggap 'Normal'! Catat Moms!

Illustrasi orang tua menerapkan toxic masculinity (Bearfotos)

HerStory, Jakarta —

Peran orangtua dalam hidup anak sangatlah penting karena bisa menjadi sekolah pertama bagi mereka dan juga contoh tauladan yang sangat dipercaya dalan kehidupan.

Hal inilah yang membuat orangtua memiliki peran penting dalam menjadi garda depan untuk melindungi perasaan anak dari kekerasan fisik dan mental dari dunia sekitar.

Namun sayangnya, gak semua orangtua mampu melakukan hal tersebut untuk anak mereka. Bahkan lebih parahnya, ada beberapa orangtua yang bisa jadi sumber 'penyakit' dan menghancurkan masa depan anaknya lho!

Lalu, tanda apa saja yang mengindikasikan kalau kamu toxic parents? Berikut akan diulas lebih lanjut. Pastikan disimak ya Moms!

1. Melakukan kekerasan emosional

Ada orangtua yang mengartikan sikap galak atau mulut ketus dan penuh kritikan serta sindiran sebagai bentuk rasa sayang terhadap anak. Padahal, sikap seperti ini akan membuat anak selalu hidup dalam ketakutan, lho.

Coba, deh, memosisikan diri di pihak anak. Bagaimana rasanya apabila kamu sering mendapat bentakan atau kritikan dari orang sekitar, terutama dari orang terdekat. Pastinya bakal sakit hati, kan? Nah, anak pun akan merasakan demikian.

Anak yang terus-menerus mendapat kekerasan emosional bisa tumbuh menjadi pribadi yang rendah diri, lho. Tentu saja hal ini akan sangat berbahaya bagi masa depannya, karena seperti kita tahu salah satu faktor penentu kesuksesan seseorang adalah kepercayaan diri yang tinggi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Cemas?

Baca Juga: Lagi Depresi? Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza