Menu

Dari Interpreter hingga Jadi Influencer, Simak Perjalanan Karier Rosakis YouTuber Asal Korea Selatan yang Bangga dengan Bahasa Indonesia

14 November 2022 12:00 WIB
Dari Interpreter hingga Jadi Influencer, Simak Perjalanan Karier Rosakis YouTuber Asal Korea Selatan yang Bangga dengan Bahasa Indonesia

Influencer Korea Selatan, Rosa Kis (Liputan/Yolanda Bonnita)

HerStory, Jakarta —

Tren K-pop atau K-drama, bahkan gaya hidup ala Korea Selatan hingga saat ini masih banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia, tak hanya kaum remaja dan kawula muda, tapi juga seluruh usia.

Baca Juga: Gelar Fanmeeting Perdana di Jakarta, Rosakis YouTuber Asal Korea Selatan Berbagi Cerita hingga Ungkap Resolusinya di Tahun 2023

Namun, ada yang menarik, di saat masyarakat Indonesia begitu menyukai tren Korea, hal itu justru terbalik dengan sosok Rosakis, YouTuber sekaligus interpreter asal Korea Selatan yang mengaku bangga dengan bahasa Indonesia dan mencintai segala hal tentang Indonesia.

"Pertama, suasananya dan udah di Indonesia aja udah berkesan banget buat aku yang gak bakal bisa aku lupakan jadi nanti setelah aku balik ke Korea, saat mungkin aku lagi sedih atau kecapekan mungkin aku bisa ya mikir pingin ke Indonesia, aku harus rajin kerja biar bisa ke Indonesia lagi." ungkap Rosakis, saat ditemui di kawasan Jakarta, pada Sabtu (12/11/2022) lalu.

Rosakis, sebelumnya diketahui memang telah menghabiskan masa kecilnya bahkan hingga 12 tahun lamanya di Indonesia, yakni untuk menyelesaikan pendidikannya.

"Kalo Indonesia bagi aku bukan negara asing lagi, kayak kampung halaman aku cuma, bagaikan aku di Korea demi kerja, untuk balik kampung ke Indonesia, jadi kebalik dan juga mungkin ke depan dulu kan cuma nostalgia selama sekolah atau aku besar di sini, jadi aku suka di sini, karena orang-orangnya ramah, walaupun gak kenal 'hi, apa kabar' kalo udah eye contact, tapi kalo di Korea kan gak ada kayak gitu, jadi ngerasa lebih kesepian, mungkin nanti aku lebih sering-sering ke Indonesia buat bolak-balik ke kampung halaman aku" ungkapnya.

"Karena besarnya di sini jadi kenangan-kenangan waktu masa sekolah kan paling penting, jadi walaupun sudah dewasa pun yang teringat semua segala tentang di sini (Indonesia), temen-temen sekolah di sini, besarnya di sini, makanan, suasana, semuanya teringat di Indonesia. Misal lagi kerja, selalu teringat sama kampung, otomatis teringat sama Indonesia dan juga pengen balik ke Indonesia, karena ini rumah aku" jelasnya.

Ia pun mengaku saat kembali ke Indonesia, seperti berada di kampung halamannya, karena banyak kenangan dan pengalaman yang telah dilaluinya selama di Indonesia, terutama di pulau dewata, Bali.

"Kemarin sempat ke Bandung juga, ke Bali juga, aku mampir ke SD, dulu jaman sekolah, ketemu guru-guru sampai nangis-nangis" tuturnya saat menghadiri meet n greet perdananya di Jakarta, pada Sabtu (14/11/2022) lalu.

Awal Mula Jadi YouTuber

Ia pun menceritakan awal mula dirinya terjun sebagai YouTuber di Korea Selatan, namun tetap melestarikan bahasa Indonesia, meskipun dirinya merupakan keturunan asli Korea Selatan.

Rosakis mengatakan alasan dirinya pada 4 tahun lalu berkecimpung sebagai YouTuber, karena dirinya ingin terus dapat berinteraksi dengan teman-teman semasa sekolahnya di Indonesia, meskipun dirinya memilih untuk berkarier di Korea Selatan.

"Sebenernya, awal aku mulai YouTube itu bukan mau terkenal trus apa, itu awalnya enggak, cuma karena aku sudah pulang balik ke Korea udah lama setelah lulus di Indonesia, jadi aku pengin punya temen Indonesia awalnya, jadi buat biar bisa temen ngobrol sama temen-temen Indonesia, tapi pake bahasa Indonesia" ungkap Rosakis.

Motivasi Terbesar Jadi YouTuber untuk Tetap Melestarikan Bahasa Indonesia

Tak hanya itu, sebagai YouTuber yang juga memiliki pekerjaan utama sebagai interpreter, Rosakis mengungkapkan bahwa motivasi terbesar dirinya sebagai YouTuber, yaitu untuk mendorong dirinya agar terus belajar bahasa Indonesia, sehingga makin fasih dan lancar, bahkan bisa mengajak masyarakat Korea Selatan lainnya juga untuk belajar dan mengenal bahasa Indonesia seperti dirinya.

Baca Juga: Gushcloud Indonesia Luncurkan Program Gush for Good yang Memfasilitasi NGO dan Influencer untuk Diskusi Terkait Isu Lingkungan dan Sosial

Baca Juga: Stop Suicide! 3 Langkah Jaga Kesehatan Mental, Berhenti Lakukan Ini Mulai dari Sekarang

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.