Menu

Please Waspadai Dampak Diabetes Pada Mata, Ini Sederet Gejala dan Cara Mencegah Retinopati Diabetik Menurut Ahli!

15 November 2022 12:05 WIB
Please Waspadai Dampak Diabetes Pada Mata, Ini Sederet Gejala dan Cara Mencegah Retinopati Diabetik Menurut Ahli!

Ilustrasi Retinopati diabetik. (Dimarik/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, diabetes telah menjadi masalah kesehatan global. Ini adalah kondisi kronis yang terjadi ketika tubuh tak dapat secara efektif memanfaatkan insulin yang dihasilkannya atau ketika pankreas berhenti memproduksi cukup insulin. Efeknya, ada risiko glukosa darah meningkat atau gula darah meningkat.

Apa yang lebih mengkhawatirkan tentang penyakit ini adalah bahwa tak ada satu cara gula darah tinggi dapat mempengaruhi tubuh. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit ini pun dapat menjadi penyebab utama kebutaan, gagal ginjal, serangan jantung, stroke dan amputasi anggota tubuh bagian bawah.

Karena itu, pada Hari Diabetes Sedunia 2022, mari kita lihat secara mendetail salah satu efek diabetes yang paling diabaikan yaitu retinopati diabetik. Tapi sebelum itu, mari kita cari tahu banyak cara diabetes memengaruhi penglihatan kita, Beauty.

Cara gula darah tinggi dapat memengaruhi mata

Ada beberapa cara gula darah tinggi atau diabetes dapat mempengaruhi mata kita, Beauty. Kelebihan glukosa atau gula darah dalam aliran darah dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan saraf yang berjalan di seluruh tubuh, termasuk mata. 

Hal ini dapat mengakibatkan sekelompok kondisi mata termasuk:

  • Edema makula: Pembuluh darah bocor yang disebabkan oleh diabetes dapat menyebabkan pembengkakan di makula, pusat retina yang bertanggung jawab untuk penglihatan lurus.
  • Katarak: Penumpukan keruh di lensa mata.
  • Glaukoma: Kerusakan pada pembuluh darah retina, mengakibatkan pembentukan pembuluh darah baru yang tidak normal
  • Retinopati diabetik: Ketika perubahan pada pembuluh darah retina menyebabkan kebocoran pembuluh darah atau pertumbuhan abnormal pembuluh darah baru di permukaan retina.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.