Menu

Bisa Dilakukan Kapan Saja dan di Mana Saja, Begini Cara Ngecek Apakah Jantungmu Normal Atau Tidak, Wajib Tahu Nih Beauty, Sudah Coba?

15 November 2022 18:10 WIB
Bisa Dilakukan Kapan Saja dan di Mana Saja, Begini Cara Ngecek Apakah Jantungmu Normal Atau Tidak, Wajib Tahu Nih Beauty, Sudah Coba?

Ilustrasi serang dokter mengecek denyut nadi pasien (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Jantung menjadi salah satu organ vital tubuh yang memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, jantung berfungsi memompa darah untuk mengalir ke seluruh tubuh.

Setiap kali jantung memompa, kita akan dapat merasakan gelombang aliran darah yang kita sebut denyut. Denyut urat darah atau nadi pada saat seseorang sedang beristirahat menjadi penting karena dapat memberi tanda mengenai kesehatannya.

Secara umum, denyut nadi istirahat yang berada diantara 60 dan 100 per menit dianggap sebagai normal. Namun denyut yang berada di bawah 90 kali per menit adalah yang terbaik.

Denyut nadi yang mendekati angka 100 atau lebih menandakan jantung bekerja terlalu keras sehingga berpotensi merusak jantung. Ini disebabkan oleh beerapa hal, seperti:

  • kelebihan berat badan
  • kurang berolahraga
  • tubuh tidak bugar
  • tekanan darah tinggi
  • kandungan lemak darah pada darah.

Sementara denyut yang berada di bawah 60 kali per detik membuat kepala pusing dan badan cepat lelah. Situasi ini berkaitan dengan melemahnya fungsi jantung seiring bertambahnya usia.

Selain itu, kondisi ini juga membuat node elektrik jantung keliru mengirim sinyal serta menyebabkan jantung memompa darah dengan irama yang salah.

Nah, tak harus pergi ke klinik atau dokter untuk memeriksa berapa denyut nadi kamu. Pasalnya, denyut nadi bisa diperiksa dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Seperti apa? Begini caranya Moms.

Baca Juga: Wajib Coba! Selain Relaksasi Diri, Mandi Air Panas Bisa Cegah Penyakit Jantung hingga Stroke

Baca Juga: Dijamin Ampuh! Penelitian: Rajin Konsumsi Tahu dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.