Menu

Waduh! Ternyata Penyakit Diabetes Bisa Perpendek Umur Hingga 10 Tahun Moms, Begini Cara Mencegahnya

15 November 2022 19:05 WIB
Waduh! Ternyata Penyakit Diabetes Bisa Perpendek Umur Hingga 10 Tahun Moms, Begini Cara Mencegahnya

Seorang wanit asedang olahraga menggunakan dua barbell. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Jumlah penderita diabetes di Indonesia sangat besar, bahkan menjadi slaah satu permasalahan kesehatan di Tanah Air. Berdasarkan data Riskesdas 2018 menunjukkan jumlah keseluruhan kasus penyakit diabetes di Indonesia yakni sebesar 8,5 persen, meningkat dibandingkan Riskesdas 2013 yaitu sebesar 6,9 persen.

Ketua Umum Pengurus Besar Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PB Perkeni), Ketut Suastika mengatakan penyakit diabetes merupakan penyebab utama kebutaan, serangan jantung, stroke, gagal ginjal, bahkan impotensi. Selain itu, diabetes juga dapat menjadi penyebab terjadinya amputasi, disabilitas, hingga kematian. 

“Dampak lain dari diabetes adalah mengurangi usia harapan hidup sebesar 5 tahun  sampai 10 tahun,” jelas Ketut.

Untuk menghindari penyakit mematikan ini, kamu harus memiliki pola hidup sehat. Baru-baru ini, Dinas Kesehatan atau Dinkes Kepri beberkan cara mencegah diabetes. Ternyata cara yang disarankan sederhana dan gampang.

Kepala Dinkes Kepri Muhamad Bisri mengatakan salah satu cara untuk mencegah penyakit diabetes atau kencing manis adalah olahraga secara rutin. Hal ini bertujuan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Pasalnya, aktivitas fisik seperti olahraga dapat menghasilkan energi dan membakar kalori, sehingga tidak ada penumpukan gula dalam darah. Bisri mengatakan penyakit diabetes disebabkan dua faktor, yaitu keturunan dan gaya hidup.

Diabetes karena faktor keturunan tetap bisa dikurangi, caranya dengan menerapkan pola hidup sehat. Sedangkan diabetes akibat gaya hidup dapat dicegah dengan banyak cara, antara lain:

  • olahraga teratur
  • makan makanan bergizi
  • perhatikan asupan gula

Selain itu, cara gampang dan sederhana adalah dengan mengurangi makanan yang tinggi karbohidrat. Sebagai gantinya perbanyak makanan yang berserat dan berprotein tinggi.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari