Menu

Bahaya! Paparan Sinar Matahari dapat Mengancam Kesehatan Kulit, Dokter Sarankan untuk Lakukan 4 Cara Penangkal Ini, Beauty

16 November 2022 13:30 WIB
Bahaya! Paparan Sinar Matahari dapat Mengancam Kesehatan Kulit, Dokter Sarankan untuk Lakukan 4 Cara Penangkal Ini, Beauty

Penggunaan sunscreen. (pinterest/stylecraze)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tentunya kamu gak asing lagi dengan ancaman sinar UV dari matahari, bukan? Namun, masih banyak yang abai akan ancaman ini. 

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin sekaligus Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), dr. Danang Triwahyudi, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV menjelaskan ada beberapa kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV, yautu:

  • Kerusakan DNA sel kulit

  • Peradangan

  • Penurunan kekebalan kulit

  • Gangguan pigmentasi seperti melasma, solar spots/lentigo, dan frackles

  • Peningkatan radikal bebas

Iya menjelaskan bahwa salah satu cara untuk mengatasi ancaman dari sinar UV adalah dengan menggunakan tabir surya. Gak cuma untuk mencegah penuaan tapi menangkal perkembangan sel kanker. 

“Penggunaan tabir surya baik itu sunscreen atau sunblock itu mencegah bukan hanya untuk tanda penuaan tapi juga mencegah penyakit lainnya termasuk kanker kulit,” ujarnya dalam konferensi pers Edukasi Media tentang Dampak Sinar UV terhadap Kesehatan Kulit. 

Baca Juga: Hati-hati! Penggunaan Bilik Disinfektan Berbahaya untuk Kesehatan Kulit, Ini Kata Tim Pakar COVID-19!

Baca Juga: Ini Rahasia Meditasi untuk Kulit Kecantikan, Simak Ya Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.