Menu

Mitos atau Fakta! Ada Manfaat Tersembunyi dari Menelan Sperma bagi Wanita?

17 November 2020 11:00 WIB

Ilustrasi pasangan suami istri (freepik.com/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, perlu kamu ketahui bahwa menurut artikel yang dilansir (16/11) dari HealthLine dikatakan bahwa rata-rata jumlah sperma yang dihasilkan dalam satu kali ejakulasi adalah sebanyak satu sendok teh. Kemudian, di dalam sprema sendiri memiliki beberapa kandungan, seperti protein, zat besi, vitamin C, lemak, gula, sodium, serta nutrisi lainnya.

Namun, banyaknya jumlah nutrisi tersebut memiliki presentase yang berbeda-beda dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tentu saja ini juga bekaitan dengan gaya hidup dari pasangan kamu. Bahkan, jumlah sel sprema kurang lebih hanya satu persen dari total cairan yang keluar, lho!

Lalu, apakah sprema aman untuk ditelan? Menurut artikel yang dilansir (16/11) dari Sex Info, sperma yang 80 persen mengandung air ini aman untuk ditelan seperti makanan biasa. Namun, perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa kondisi di mana orang yang menelan sperma ini bisa menjadi hal yang berisiko.

Hal yang pertama adalah sprema akan menimbulkan alergi untuk mereka yang memiliki kondisi seminal plasma hypersensitivity (SPH) karena kandungan protein di dalamnya. Hal yang kedua, sperma yang berbahaya untuk ditelan adalah sperma yang sudah terinfeksi. Oleh karena itu, orang dengan penyakit seksual menular membawa virus di dalam spermanya.

Tapi, apa sih manfaat dari menelan sperma? Selama ini kita sering mendengar bahwa sperma bisa membuat kulit terlihat awet muda dan bersinar. Jadi, apakah ada manfaat sperma bagi wanita? Secara medis, sebenarnya belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan apakah sperma memiliki manfaat yang baik untuk tubuh dan kulit wanita.

Jika kulit terlihat bersinar setelah berhubungan seks, hal tersebut lebih dipengaruhi oleh faktor hormon. Penelitian yang dilakukan oleh Bornman MS dkk yang dimuat dalam US National Library of Medicine, National Institute of Health, sperma mengandung melatonin yang bisa membuat seseorang rileks dan mudah tidur.

Namun, manfaat ini pun didapat dari sperma bukan dengan ditelan, melainkan adanya penetrasi. Tentunya, perempuan akan lebih rileks setelah penetrasi bukan karena sperma melainkan mencapai orgasme. 

Mari lihat manfaat sperma bagi wanita lainnya. Kalau nggak ditelan, bagaimana dengan masker sperma atau semen facial? Banyak desas-desus bahwa sperma baik untuk melawan penuaan. Faktanya, itu hanyalah mitos. Mengutip dari Refinery29, seorang dokter kulit yaitu Dr. Grossman menyatakan bahwa kandungan yang membuat kulit sehat adalah protein.

“Cairan tubuh bisa menularkan penyakit menular seksual. Bahkan pasanganmu bisa saja memiliki penyakit ini. Ada potensi yang bisa terjadi pada wajah,” tuturnya.