Menu

Ini Dia Manfaat Luar Biasa dari Mandi Sebelum Tidur! Bikin Seger!

17 November 2020 19:00 WIB

Ilustrasi wanita mandi. (Unsplash/Bruce Mars)

HerStory, Jakarta —

Apakah kamu suka mandi sebelum tidur? Ada banyak pro dan juga kontra mengenai kegiatan mandi sebelum tidur. Beberapa orang memilih untuk mandi ketika sore hati, namun ada juga orang yang  harus bekerja hingga sore atau bahkan malam hari, sehingga mandi harus dilakukan di malam hari sebelum waktu tidur.

Ternyata, sebuah penelitian mengatakan bahwa mandi sebelum tidur itu memiliki manfaatnya tersendiri, lho! Khususnya pada kesehatan kita. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan mandi sebelum tidur, yuk lihat!

Istirahat jadi Lebih Nyenyak

Beauty, suhu tubuh merupakan kunci dalam mengatur ritme sirkadian serta menghangatkan tubuh dapat membantu tidur. Di dalam sebuah studi dari University of Texas yang mengamati mengenai pemanasan tubuh pasif berbasis air pada kualitas tidur, durasi, efisiensi, dan latensi awal mengatakan bahwa mandi selama 10 hingga 15 menit pada suhu 40 hingga 42,5 derajat celcius yang dilakukan satu hingga dua jam sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur.

Tingkatkan Kesehatan Kulit

Selanjutnya, hormone pertumbuhan mampu mengatur seberapa cepat pergantian kulit, sementara itu hormon seks bisa memengaruhi ukuran kelenjar sebaceous. Kedua hormon ini akan memuncak pada malah hari, dan mandi sebelum tidur malam akan menghilangkan rangsangan ekternal dari permukaan kulit yang berfungsi untuk menjaga homron dalam keseimbangan optimal.

Tubuh jadi Lebih Rileks

Dilansir (16/11) dari laman Sleep Advisor dikatakan bahwa mandi  dengan menggunakan air hangat di malam hari dapat membuatmu menjadi lebih relaks. Hal ini dikarena mandi air hangat mampu melemaskan otot yang sakit, meredakan nyeri pada persendian, dan meningkatkan sirkulasi oksigen serta aliran darah. Selain itu, pergi tidur dengan tubuh yang bersih memberikan manfaat psikologis untuk menghilangkan semua stres dan masalah sepanjang hari. Sehingga kamu bisa pergi tidur dengan perasaan yang lebih relaks.

Lancarkan Sirkulasi Darah

Terakhir, mandi di malam hari bisa membantu kamu dalam melancarkan aliran darah di seluruh tubuh. Karena suhu tubuh meningkat karena panas, mandi di malam hari sangat penting untuk menjaganya tetap dalam pengawasan yang tepat. Mungkin menurut kamu ini tampak berlawanan dengan logika, tetapi dilansir (16/11) dari laman Healthline, mandi air hangat akan merangsang sistem termoregulasi tubuh, menyebabkan sirkulasi darah dari inti internal ke situs perifer tangan dan kaki. Itu bisa membantu menghilangkan panas tubuh dan menurunkan suhu tubuh.