Menu

Oh... Ternyata Essential Oil Fungsi Manfaat Luar Biasa Buat Tubuh, yang Susah Tidur Wajib Cobain Aroma Ini!

24 November 2022 14:05 WIB

Ilustrasi essential oil (MuslimahDaily/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu termasuk penggemar essential oil atau aroma yang dihasilkan oleh ekstrak organik? Selain berguna sebagai aroma terapi, essential oil juga sangat baik untuk mendukung fungsi tubuh.

Hal ini disampaikan oleh Kezia Calista selaku perwakilan dari Rumah Atsiri saat dijumpai oleh HerStory di Kota Kasablanka, Jakarta (24/11/2022). Ia menjelaskan bahwa essential oil akan menstimulasi kerja tubuh. Pasalnya, aroma yang dihasilkan oleh essential oil dapat menstimulasi otak.

“Essential oil itu ada hubungannya ke otak. Kalau kamu mencium essential oil, maka ia akan menstimulasi all factory system di otak yang berhubungan sedang limbic system yang berpengaruh pada fungsi bernapas, blood pressure, fungsi tubuh. Jadi essential oil sangat berpengaruh untuk menstimulasi fungsi tubuh,” jelas Kezia.

Sebai informasi, sistem limbik berfungsi dalam mengatur emosi, perilaku, motivasi, memori jangka panjang, serta penciuman. Lewat aroma yang dihasilkan oleh essential oil, maka banyak hal yang akan ikut terpengaruh.

Kezia menjelaskan bahwa Rumah Atsiri juga memiliki cara untuk mengetahui aura atau apa yang kamu butuhkan dengan menjawab beberapa pertanyaan terkait personality, lho. Dari hasil quiz tersebut kemudian keluar hasil aroma apa yang cocok dan kamu butuhkan.

“Personality sebenarnya lebih condong ke apa yang kamu butuhin. Sebagai contoh, kamu susah tidur maka yang kamu butuhin adalah lavender,” ungkapnya.

Namun, perlu diperhatikan soal pemakaian essential oil yang gak boleh sembarangan. Beauty, satu tetes minyak aroma ini sangat kuat sehingga kamu gak boleh menggunakannya kebanyakan, ya.

“Satu tetes essential oil udah bisa banget (mengeluarkan aroma) karena semua sari dari tanaman itu tuh is in the bottle. Every tetes is very strong (kuat),” terangnya.

Kezia juga menjelaskan bahwa Rumah Atsiri gak menyarankan penggunaan essential oil secarang langsung. Berkat wanginya yang sangat kuat, beberapa tetes saja sudah cukup untuk membuat ruangan wangi. 

“Jadi kita gak saranin essential oil untuk langsung dioleskan ke kulit atau langsung dikonsumsi. Harus dicampurkan dengan air atau produk lain karena it's not safe for the skin (gak aman untuk kulit) kalau kena langsung. Makanya biasanya dipakai menggunakan diffuser yang sudah diisi air banyak dan cukup menggunakan beberapa drop essential oil. Itu bakal bikin satu ruangan jadi wangi,” tandasnya.

Artikel Pilihan